News
Sabtu, 11 Desember 2010 - 11:10 WIB

Hujan abu kagetkan warga Cirebon

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Hampir satu bulan terakhir, tidak ada kabar mengenai letusan gunung berapi di Pulau Jawa. Tetapi pagi ini warga kota Cirebon dikagetkan oleh hujan abu yang cukup tebal.

“Hujan abu terjadi mulai pukul 06.00 WIB dan berangsur reda sampai pukul 08.30 WIB tadi,” ujar Doni, warga Cirebon, melalui telepon, Sabtu (11/12).

Advertisement

Menurutnya, hujan abu terjadi berasal dari perbukitan kapur yang masyarakat sekitar kenal sebagai Gunung Kuda. Di bukit yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Cirebon tersebut memang merupakan lokasi tambang untuk sebuah pabrik semen yang beroperasi di sana.

“Biasanya kalau ada hujan abu, paling di sekitar sana. Baru pagi ini saja sampai ke sini bahkan Palimanan,” ujar Doni.

Dia menduga, hujan abu terjadi terkait kondisi cuaca Cirebon beberapa hari terakhir yang memang tidak menentu. Angin yang hembusan cukup kencang dia duga sebagai pembawa abu hingga jauh lewati kawasan Gunung Kuda.

Advertisement

Akibat hujan abu, pagar-pagar rumah dan kendaraan bermotor yang diparkir di luar tampak diselimuti abu warna putih. Meski tidak setebal sebagaimana terjadi di Jogja dan Malang pasca letusan Gunung Merapi dan Gunung Bromo, tetapi lapisan abu sangat terlihat cukup jelas.

“Tapi warga tidak sampai memakai masker,” tambah Doni.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif