Haji
Sabtu, 11 Desember 2010 - 16:49 WIB

BPIH diusulkan jadi klinik di Arab Saudi

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mekah--Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) diusulkan untuk menjadi klinik permanen di Arab Saudi, seperti juga yang dilakukan beberapa negara lainnya di Tanah Suci.

Upaya ini dimaksudkan untuk menjaga aset Kementerian Kesehatan dan optimalisasi pelayanan di Tanah Suci.

Advertisement

“Ini baru usulan, alangkah baiknya dioptimalkan sepanjang tahun tidak hanya musim haji saja,” kata Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji bidang Kesehatan dr Chairul Radjab, di Madinah, Sabtu (11/12).

Hal itu, lanjut Chairul, terkait dengan efisiensi kerja serta alat-alat kesehatan yang ada di BPHI. “Tapi ini masih suatu wacana,” jelasnya.

Ia menuturkan, usulan ini juga akan melalui pembahasan pada tingkat pusat di Jakarta. Termasuk koordinasi dengan pihak Kementerian Agama.

Advertisement

Keberadaan klinik permanen milik Indonesia ini setidaknya dapat membantu sejumlah WNI yang berada di Saudi atau orang Indonesia yang melakukan umroh. Apalagi negara-negara non muslim seperti China, Jerman dan Amerika juga punya klinik di Saudi.

“Ya makanya kita usahakan di dua kota Madinah dan Mekah yang sudah ada BPHI,” terang Chairul.

Ia menjelaskan memang BPHI selama ini dijadikan tempat rujukan jemaah haji untuk dilakukan perawatan intensif. Namun karena masih sederhana, banyak instalasi yang belum disediakan di BPHI.

Advertisement

ant/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif