Jumat, 10 Desember 2010 16:28 WIB Hukum Share :

Sore ini Abu Tholut tiba di Jakarta

Jakarta-– Pentolan teroris Abu Tholut alias Mustofa alias Pranata Yudha, alias Imron Baihaki yang diyakini sebagai otak perampokan Bank  CIMB Niaga di Medan dibekuk di Kudus, Jawa Tengah Jumat (10/12) pagi tadi. Abu Tholut langsung dibawa ke Jakarta.

“Sore ini akan tiba di Jakarta, karena tim sedang dalam perjalanan,” kata Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar.

Hal itu disampaikan usai serah terima jabatan dengan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya dengan Komisaris Besar Polisi Baharuddin Jafar di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (10/12).

Penggerebekan Detasemen Khusus 88 di RT 4 RW III Desa Bae Pondok, Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah mengakhiri aksi buron Abu Tholut. Penangkapan terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Abu Tholut adalah salah satu residivis buron kasus dugaan tindak pidana teroris. “Yang bersangkutan tidak melakukan perlawanan saat ditangkap,” ujar Boy.

Saat ini Abu Tholut sedang dalam perjalanan menuju Jakarta. Menurut Boy, penangkapan Abu Tholut merupakan rangkaian dari pengembangan kasus tindak pidana teroris. Mulai dari kegiatan militer di Aceh sampai perampokan Bank Niaga Medan Sumatera Utara.

Apakah akan dibawa ke Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok atau Mabes Polri? “Kami belum bisa memastikan. Namun, dia akan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Boy.

Abu Tholut merupakan salah satu tokoh penting dalam organisasi jaringan teroris di Indonesia. Tidak tertutup kemungkinan pengembangan akan terus dilakukan untuk mencari tersangka lainnya.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….