Jumat, 10 Desember 2010 11:22 WIB News Share :

Polisi tangkap pria diduga Abu Tholut di Kudus

Kudus--Aparat kepolisian akhirnya berhasil menangkap seseorang yang diduga kuat Abu Tholut alias Imron tersangka teroris di Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jumat pagi (10/12).

Menurut Ketua RT 4 RW III, Desa Bae, Suwarto 48, penangkapan terhadap salah seorang warganya diperkirakan sekitar pukul 08.00 WIB. “Dalam proses penangkapannya tidak ada perlawanan sama sekali,” ujarnya.

Ia mengatakan, panggilan sehari-hari Abu Tholut adalah Imron yang tinggal tidak jauh dari rumahnya. “Dia tinggal bersama seorang istri dan tujuh anaknya,” ujarnya.

Hanya saja, kata dia, jumlah anaknya yang tinggal saat ini tidak diketahui persis. Selama bergaul dengan masyarakat, katanya, Abu Tholut bersama keluarganya cukup baik dengan masyarakat dan tidak menunjukkan tanda-tanda mencurigakan.

“Setiap diundang pertemuan warga juga datang. Tetapi, tidak mengetahui pekerjaan sehari-harinya,” ujarnya.

Meskipun tinggal di Dukuh Bae Pondok, Deaa Bae RT 4 selama tiga tahun, katanya, pihaknya tidak mengetahui bahwa dia termasuk salah satu anggota teroris yang diburu kepolisian.

“Saya sempat mengikuti pemberitaan di salah satu stasiun televisi tentang Abu Tholut, tetapi wajah yang ditampilkan berbeda dengan yang aslinya,” ujarnya.

Aslinya, kata dia, memiliki jambang pendek dan wajahnya agak tua. Komunikasi terakhir, katanya, sekitar satu tahun yang lalu, ketika hendak membuat KTP.

Terkait jumlah keluarga yang ada di RT 4, katanya, sebanyak 100 keluarga yang terdaftar, sedangkan yang belum terdaftar dua keluarga, termasuk keluarga Abu Tholut yang dikenal dengan nama Imron.

ant/rif

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…