Jumat, 10 Desember 2010 13:02 WIB Sport Share :

"Jangan over confidence, Indonesia!"

Jakarta–Menjadi tuan rumah untuk dua leg semifinal AFF Suzuki Cup 2010 memang sangat menguntungkan, namun jangan sampai keuntungan ini malah menyebabkan blunder.

Indonesia sebagai juara Grup A menantang Filipina, runner-up Grup B. Sesuai peraturan, Filipina berhak menyelenggarakan leg pertama di kandang mereka namun sayangnya The Azkal alias Tim Anjing Jalanan ini tak punya kandang yang memenuhi syarat.

Filipia, melalui presiden Asosiasi Sepak Bola Filipina Jose Mari Martinez, melalui Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) akhirnya mengalihkan hak penyelenggaraan leg pertama kepada Indonesia.

Bermain di kandang sendiri, selain menghemat tenaga, juga menguntungkan karena para pemain Timnas Indonesia karena akan selalu didukung puluhan ribu suporternya.

Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes mengungkapkan, setelah PSSI berhasil meyakinkan Filipina untuk menggelar leg pertama di Indonesia, kini giliran Tim Garuda berbicara di lapangan.

“Kita sudah mengupayakan secara diplomasi dan memenangkannya. Sekarang giliran para pemain yang berbicara di lapangan,” ungkap Kang Nug. “Yang penting jangan sampai over confidence.”

Filipina memang patut diwaspadai. Tampil di Piala AFF 2010 hanya sebagai runner-up kualifikasi, mereka mampu menahan Singapura dan mengalahkan juara bertahan Vietnam untuk merebut tiket ke semifinal.

Pertahanan yang rapi dan serangan balik efektif adalah kekuatan utama The Azkal yang harus bisa diantisipasi pasukan besutan Alfred Riedl.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…