Soloraya
Jumat, 10 Desember 2010 - 17:32 WIB

Empat kecamatan belum tersalur Raskin

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Boyolali yakni Selo, Cepogo, Musuk dan Ampel sejak November 2010 belum tersalur Raskin. Rencananya Pemkab baru menyalurkannya pekan depan.

Menurut Kepala Sub Bagian Bina Pertanian Daerah Bagian Perkonomian Setda Boyolali, Jumeri, penundaan penyaluran Raskin ini dikarenakan meletusnya Gunung Merapi. Warga di kecamatan tersebut mengungsi di luar desanya sehingga penyaluran Raskin tidak dimungkinkan.

Advertisement

Total jumlah Raskin yang belum disalurkan tersebut sebanyak 324.800 kg dengan jumlah rumah tangga sasaran (RTS) sebanyak 16.240 KK .

“Penyaluran Raskin Senin depan nanti dirapel dua bulan. Yang untuk bulan November 15 kg per orang, sedangkan yang Desember hanya 5 kg dengan harga tetap Rp 1.600/kg,” ujarnya saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Jumat (10/12).

Penyaluran Raskin di 15 kecamatan lainnya, jelas Jumeri, tak mengalami masalah baik pendistribusian maupun pembayaran. Terhadap RTS di wilayah bencana, menuru dia, belum ada rencana untuk memberikan keringanan biaya maupun waktu pembayaran.

Advertisement

Bulog tetap menargetkan waktu pembayaran paling lambat tanggal 22 Desember 2010. “Kami khawatir dengan kondisi mereka sekarang, agak sulit untuk membayar Raskin lantaran mata pencaharian mereka belum pulih,” tandas Jumeri.

Terkait alokasi Raskin tahun depan, ia mengatakan belum bisa dipastikan lantaran belum ada surat edaran dari Gubernur Jateng.

kha

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif