News
Jumat, 10 Desember 2010 - 07:01 WIB

Di-sweeping barang bawaan, jamaah haji mengamuk

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Seorang jamaah haji kloter 53 embarkasi Jakarta-Saudia (JKS) mengamuk di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Ia menendang rice cooker yang tidak bisa dibawanya pulang ke tanah air saat barang bawaannya yang melebihi kapasitas di-sweeping petugas bandara.

Advertisement

“Tadi ada jamaah nendang rice cooker ke arah petugas,” kata Kepala Sektor Bandara AMAA Warih Setiawan di Kantor Haji Indonesia Madinah, Kamis (9/12) malam.

Sang jamaah tersebut keberatan barang bawaannya yang melebihi kapasitas harus disortir. Saat dipersilakan meninggalkan barang yang berlebihan itu, tiba-tiba saja, si jamaah pria itu menendang rice cooker di dekatnya.

“Ia juga memaki-maki petugas. Padahal petugas cuma mengingatkan agar ia bisa menjadi yang mabrur,” kata Warih.

Advertisement

Warih mengungkapkan masih banyak jamaah haji Indonesia yang tidak tertib dalam membawa barang yang akan dibawa masuk ke cabin pesawat. Barang bawaan jamaah yang boleh masuk maksimal lima kilogram, namun jamaah masih banyak yang melanggarnya.

“Padahal kan sudah disosialisasikan sejak di tanah air, di maktab juga sudah berkali-kali disosialisasikan bahwa barang tentengan tidak boleh lebih dari lima kilogram,” ungkap Warih.

Duty Manager Garuda Madinah, Bambang Suwito Adji mengingatkan pembatasan barang bawaan dilakukan untuk keselamatan penerbangan. Ia berjanji Garuda akan tegas memberlakukan aturan maksimum barang bawaan jamaah.

Advertisement

“Kalau overload pesawat tidak bisa bergerak. Istri saya juga jadi jamaah tahun ini sudah saya ingatkan agar dia jangan macam-macam. Ia harus mentaati aturan,” kata Bambang.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Haji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif