(Foto: thinkstock) (Foto: thinkstock)
Jumat, 10 Desember 2010 12:58 WIB Kesehatan Share :

Cabai rawit efektif redakan sakit gigi

(Foto: thinkstock)

(Foto: thinkstock)

Jakarta–Sakit gigi dapat mengganggu kemampuan Anda untuk makan, minum atau berbicara. Meski berkonsultasi dengan dokter adalah pilihan terbaik, tetapi perawatan darurat dengan menggunakan cabai rawit juga efektif meredakan sakit gigi.

Sakit gigi paling sering disebabkan oleh kerusakan gigi dan biasanya menunjukkan perlunya perawatan gigi. Selain obat-obatan medis, bahan yang ada di dapur atau herbal juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat sakit gigi, seperti cabai rawit.

Dilansir Livestrong, Jumat (9/12), bila diterapkan pada gigi, zat panas pada cabai rawit yang dikenal sebagai zat capsaicin, dapat berfungsi meringankan rasa sakit.

Capsaicin merupakan bahan kimia nabati yang berasal dari alam. Bahan ini digunakan oleh cabai untuk sistem pertahanan dirinya agar tidak dimakan oleh pemangsa seperti hewan.

Cara Pemakaian

Larutkan cabai rawit campur dengan air panas, kemudian celupkan kapas dalam larutan tersebut. Peras sedikit dan langsung terapkan pada gigi yang sakit. Jangan lupa cuci tangan dengan bersih setelah memegang larutan tersebut.

Dalam bukunya The Health Benefits of Cayenne, John Heinerman juga merekomendasikan menggabungkan satu sendok teh bubuk cabai rawit dengan wiski yang kuat dan mencampurnya selama dua pekan.

Kocok botol setiap hari, saring campuran ke dalam botol kaca gelap dan simpan di tempat yang sejuk dan gelap. Bila Anda sakit gigi, gunakan tiga sampai empat tetes pada kapas dan oleskan pada gigi yang sakit.

Selain cabai rawit, ada herbal lain yang dapat membantu meredakan sakit gigi, yaitu:

1. Cengkeh
Cengkeh juga efektif meredakan sakit gigi. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Dentistry pada tahun 2006 menemukan bahwa minyak cengkeh dapat meredakan sakit gigi.

Untuk menggunakannya, terapkan 2-3 tetes minyak cengkeh ke kapas dan gosokkan ke gigi yang sakit. Cengkeh utuh menghasilkan efek yang sama, meskipun tidak sekuat minyak cengkeh dan harus sedikit dibasahi dengan air liur sebelum menempatkannya pada gigi yang sakit.

2. Jahe
Menurut James A. Duke dalam bukunya The Green Pharmacy jahe juga dapat membantu mengurangi sakit gigi. Jahe bekerja sebagai counterirritant, yang berarti iritasi permukaan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang lebih dalam dari sakit gigi.

Caranya campur seperempat sendok teh bubuk jahe dengan seperdelapan sendok teh air hangat untuk membentuk pasta kental. Celupkan bola kapas ke dalam pasta dan terapkan pada gigi yang sakit.

Jangan biarkan kapas menyentuh gusi karena bisa menyebabkan rasa panas. Jika menyebabkan ketidaknyamanan, lepaskan kapas dan kumur mulut dengan air hangat.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…