Jumat, 10 Desember 2010 18:26 WIB Wonogiri Share :

9.105 Pelamar ikuti tes seleksi CPNS di Wonogiri

Wonogiri (Espos)–Tes seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 akan digelar  Minggu (12/12) besok. Sebanyak 482 ruangan dan sekitar 1.000 orang pengawas dan tenaga tata usaha (TU) disiapkan panitia di Kabupaten Wonogiri untuk menampung dan melayani 9.105 pelamar yang dipastikan ikut tes.

Dibandingkan informasi sebelumnya, jumlah pelamar yang ikut tes tersebut berkurang sebanyak sembilan orang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandyah, saat ditemui Espos, Jumat (10/12), mengungkapkan pengurangan tersebut karena setelah diteliti ulang ternyata ada pelamar yang tercatat dua kali alias dobel.

“Awalnya waktu baru selesai seleksi administrasi, jumlah pelamar yang lolos dan bisa ikut tes sebanyak 9.114 orang. Tapi setelah diteliti kembali ternyata ada yang terdata dobel sebanyak sembilan orang. Jadi jumlah peserta pastinya sebanyak 9.105 orang,” ungkap Rumanti.

Rumanti menjelaskan panitia telah meminjam sebanyak 482 ruang yang tersebar di 39 sekolah, SD hingga SMA di wilayah Wonogiri kota. Panitia juga telah merekrut tidak kurang dari 1.000 orang guru untuk menjadi pengawas tes serta petugas di bagian tata usaha. Rencananya, masing-masing ruangan yang berisi 20 peserta akan diawasi dua orang pengawas sedangkan ruangan berisi 10 peserta akan diawasi seorang pengawas.

Kepala sekolah, kata Rumanti, juga telah diminta untuk menyiapkan penomoran kursi. “Soal tes akan diambil oleh panitia ke Semarang, besok (Sabtu, 11/12)  dan direncanakan sampai di Wonogiri pukul 13.00 WIB. Berkas soal akan disimpan di Sekretariat Penerimaan CPNS, Graha Personalia menggunakan tiga kunci. Masing-masing dipegang oleh Sekda, Kepala Inspektorat dan kepolisian. Lalu Minggu (12/12) pagi, kepala sekolah dan TU akan diminta mengambil soal ke sekretariat,” ujar Rumanti.

Meski jumlah peserta berkurang, dibandingkan tahun lalu, pesertanya justru bertambah. Tahun lalu, dari 13.000 pelamar, hanya 7.000-an orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Rumanti mengakui dengan jumlah peserta tersebut, dana senilai Rp 730 juta yang disiapkan Pemkab sangat mepet.

Sedangkan mengenai pelaksanaan tes, direncanakan dalam dua sesi. Pertama, tes pengetahuan umum dimulai pukul 07.00-10.00 WIB dan kedua tes potensi akademik dan psikologis, dimulai pukul 11.00-14.00 WIB. Menurut Rumanti, kebanyakan peserta tes seleksi CPNS tersebut berasal dari luar kota seperti Pacitan dan Ponorogo.

shs

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…