Kamis, 9 Desember 2010 08:28 WIB News Share :

Indonesia-Singapura sepakati batas wilayah laut

Nusa Dua–Indonesia dan Singapura sudah tidak lagi punya masalah terkait perbatasan laut di wilayah barat. Masing-masing pihak telah selesai membahasnya dan mencapai kesepakatan.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Presiden SBY Bidang Hubungan Luar Negeri, Teuku Faizasyah usai mendampingi Presiden SBY bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Singapura.

“Memang bahwa kedua negara bergembira masalah perbatasan laut wilayah barat sudah selesai, dan juga hal ini disusul dengan pertukaran instrumen ratifikasi,” kata Faizasyah di sela-sela Bali Democracy Forum di Nusa Dua, Bali, Rabu (8/12) malam.

Kesepakatan ini menurut Faizasyah adalah suatu hal yang positif, apalagi kedua negara menyatakan kesiapannya pada waktu yang akan disepakati nanti membahas perbatasan laut di sisi lainnya.

“Karena kita memaklumi bahwa di wilayah tersebut ada suatu proses yang harus dijalani terkait dengan perbatasan dengan Malaysia,” papar Faizasyah.

Saat ditanya apakah kesepakatan wilayah laut bagian barat antara Indonesia dan Singapura ini disertai pemberian kompensasi kepada Singapura, menurut Faizasyah hal tersebut tidak dibahas. “Tidak dibahas,” jawabnya.

Dalam pertemuan tersebut, imbuh Faizasyah memang tidak banyak dibicarakan tentang ASEAN. Namun memang ada semacam kesamaan pandangan antara Presiden dan Deputi Perdana Menteri Singapura bahwa ASEAN telah dan tetap memainkan peranan yang sangat potensial dalam seting agenda di kawasan.

“Ini suatu hal yang mungkin tidak bisa ditemui dalam organisasi kerjasama regional lainnya,” kata Faizasyah.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Koboi Samas Akhirnya Ditangkap

Polisi menangkap penembak brutal di Pantai Samas. Solopos.com, BANTUL— Sempat jadi buron, pelaku penembakan terhadap wisatawan di Pantai Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Minggu (15/10/2017), akhirnya tertangkap. Pelaku yang bernama Eko Dwi Prasetya, 34, warga Kulonprogo itu ditangkap oleh jajaran…