News
Kamis, 9 Desember 2010 - 08:28 WIB

Indonesia-Singapura sepakati batas wilayah laut

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Nusa Dua–Indonesia dan Singapura sudah tidak lagi punya masalah terkait perbatasan laut di wilayah barat. Masing-masing pihak telah selesai membahasnya dan mencapai kesepakatan.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Presiden SBY Bidang Hubungan Luar Negeri, Teuku Faizasyah usai mendampingi Presiden SBY bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Singapura.

Advertisement

“Memang bahwa kedua negara bergembira masalah perbatasan laut wilayah barat sudah selesai, dan juga hal ini disusul dengan pertukaran instrumen ratifikasi,” kata Faizasyah di sela-sela Bali Democracy Forum di Nusa Dua, Bali, Rabu (8/12) malam.

Kesepakatan ini menurut Faizasyah adalah suatu hal yang positif, apalagi kedua negara menyatakan kesiapannya pada waktu yang akan disepakati nanti membahas perbatasan laut di sisi lainnya.

“Karena kita memaklumi bahwa di wilayah tersebut ada suatu proses yang harus dijalani terkait dengan perbatasan dengan Malaysia,” papar Faizasyah.

Advertisement

Saat ditanya apakah kesepakatan wilayah laut bagian barat antara Indonesia dan Singapura ini disertai pemberian kompensasi kepada Singapura, menurut Faizasyah hal tersebut tidak dibahas. “Tidak dibahas,” jawabnya.

Dalam pertemuan tersebut, imbuh Faizasyah memang tidak banyak dibicarakan tentang ASEAN. Namun memang ada semacam kesamaan pandangan antara Presiden dan Deputi Perdana Menteri Singapura bahwa ASEAN telah dan tetap memainkan peranan yang sangat potensial dalam seting agenda di kawasan.

“Ini suatu hal yang mungkin tidak bisa ditemui dalam organisasi kerjasama regional lainnya,” kata Faizasyah.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Batas Laut
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif