News
Kamis, 9 Desember 2010 - 22:08 WIB

Digagas mal komputer di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo memrediksi penjualan unit laptop tahun 2011 bisa naik ke angka 15.000 unit selama setahun dari prediksi peredaran tahun ini yang mencapai angka 10.000-an unit.

Untuk itu, Ketua Apkomindo Solo, Andoko, menyampaikan Apkomindo saat ini tengah menggagas agenda mal komputer, yakni pameran kecil-kecilan yang digelar secara periodik oleh beberapa vendor. “Konsep dasarnya adalah pameran kecil-kecilan beberapa vendor di mal. Tapi, teknisnya masih akan kami bahas bersama. Tujuannya, agar penjualan unit teknologi informasi (TI) di Solo ini bisa naik lagi di tahun depan,” ujar Andoko, kepada wartawan, di Sekretariat Apkomindo, Kamis (9/12).

Advertisement

Kendati mengagendakan agenda mal komputer, pameran rutin tahunan yang biasa digelar empat kali dalam satu tahun, tetap akan diselenggarakan.

Ia mengatakan, dari kisaran angka peredaran hingga 10.000-an unit selama tahun 2010 ini, maka transaksi dari bisnis komputer di Kota Solo ini bisa melebihi angka Rp 100 miliar. “Dan pencapaian transaksi maupun penjualan tertinggi tetap dari ajang pameran. Sumbangan pameran terhadap pencapaian target penjualan diler sangat tinggi.”

Pameran ApkomYes! yang sudah digelar Apkomindo, Sabtu-Rabu (4-8/12) lalu, ditaksir mencatat penjualan unit leptop hingga 3.000 unit. Dengan nilai transaksi kisaran Rp 11 miliar hingga Rp 12 miliar.

Advertisement

Diakui Ketua Panitia ApkomYes!, Bintoro, pencapaian ini mengalami penurunan cukup signifikan jika dibanding pameran Apkomindo sebelumnya yakni pameran yang digelar September lalu. Di mana, pada penyelenggaraan pameran bulan September 5.000 unit leptop diprediksi laris terjual.

“Tetapi, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ada pertumbuhan tetapi tidak sedikit. Untuk jumlah pengunjung, jika pameran Desember tahun lalu tercatat mendekati 50.000 pengunjung, ApkomYes! mencatat kenaikan kecil yakni 54.763 pengunjung,” ujar Bintoro.

Bintoro menyampaikan beberapa faktor mengapa pasar komputer di akhir tahun ini kalah dengan September. “Jarak kedua pameran yang mungkin terlalu dekat. Dan penyelenggaraan pameran saat ini bertepatan menjelang ujian sekolah. Dan ini memang sudah siklus tahunan, kalau pasar komputer akhir tahun selalu ada sedikit penurunan.”

Advertisement

haw

Advertisement
Kata Kunci : Komputer Pameran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif