Soloraya
Rabu, 8 Desember 2010 - 17:06 WIB

700 Fakir miskin dan penyuluh agama terima bantuan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Sekitar 700 fakir miskin dan penyuluh agama dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri bakal mendapat bantuan dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda). Penyerahan bantuan senilai total Rp 200 juta tersebut akan dilakukan, Kamis (9/12) di Ruang Data Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Wonogiri, Margono mengungkapkan Bazda merupakan sebuah lembaga yang dibentuk berdasarkan SK Bupati No 219/2009 dengan tujuan menghimpun amal dan zakat dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) Pemkab secara sukarela. Hingga Oktober 2010, dana yang berhasil dihimpun Bazda mencapai Rp 214 juta.

Advertisement

“Penyerahan bantuan besok (Kamis, 9/12) merupakan kali ketujuh. Dana yang akan disalurkan total senilai Rp 200 juta, dan dibagikan sebagai bantuan kepada fakir miskin sebanyak 20 keluarga per kecamatan serta delapan penyuluh agama per kecamatan. Jadi totalnya ada 700 penerima bantuan,” ungkap Margono, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Rabu (8/12).

Dia menambahkan sebelumnya Bazda juga telah menyerahkan bantuan biaya sekolah tingkat SD/MI kepada empat anak di tiap kecamatan masing-masing Rp 240.000 selama dua tahun dan tingkat SMP/MTs kepada dua anak di tiap kecamatan masing-masing senilai Rp 480.000 selama dua tahun. Juga bantuan bagi penyandang cacat dan fakir miskin masing-masing 25 keluarga di tiap kecamatan senilai Rp 200.000 ditambah 10 kg beras per keluarga.

“Hambatan yang kami hadapi selama ini masih ada beberapa instansi yang kurang tertib dalam penyetorannya ke bendahara Bazda. Kegiatan ini merupakan amanah undang-undang, rukun Islam serta sangat bermanfaat untuk membina persatuan dan kesatuan serta sebagai upaya pengentasan kemiskinan,” kata Margono.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif