Selasa, 7 Desember 2010 19:33 WIB Klaten Share :

Perbaiki jalur evakuasi, DPU usulkan Rp 15 miliar

Klaten (Espos)–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengusulkan anggaran senilai Rp 15 miliar untuk memperbaiki sejumlah jalur evakuasi erupsi Gunung Merapi yang rusak di tahun 2011 mendatang.

Kepala DPU Pemkab Klaten, Tajudin Akbar saat ditemui wartawan di sela-sela kesibukannya, Senin (6/12), mengakui kondisi jalur evakuasi pascameletusnya gunung teraktif di dunia itu yang tersebar di Kecamatan Kemalang sudah rusak parah. Menurutnya, total jalur evakuasi yang rusak tercatat sepanjang sekitar 35 km. Dia menjelaskan, kerusakan paling parah terjadi pada jalur Desa Panggang menuju Desa Balerante sejauh sekitar empat kilometer.

“Kondisinya sangat parah. Sebagian besar lapisan aspalnya sudah mengelupas. Sekarang tinggal menyisakan bebatuan dan tanah,” tutur Tajudin.

Lebih lanjut, Tajudin menjelaskan, untuk memperbaiki jalur evakuasi sepanjang sekitar 35 km tersebut, pihaknya tengah mengusulkan anggaran senilai Rp 15 miliar ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dan Pemerintah Pusat. Pemkab Klaten, kata Tajudin, juga akan menyediakan sejumlah dana untuk menutupi kekurangannya.

“Kami mengusulkan senilai Rp 15 miliar. Namun soal disetujui berapa kami tidak tahu. Pemkab Klaten akan menyediakan dana, namun jumlahnya tidak seberapa,” papar Tajudin.


mkd

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…