News
Selasa, 7 Desember 2010 - 18:03 WIB

Pendiri Wikileaks ditahan polisi Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London — Perburuan terhadap pendiri Wikileaks, Julian Assange, berakhir. Informasi terbaru, kepolisian Inggris telah menangkap pria berumur 39 tahun itu.

Seperti yang dilansir reuters, Selasa (7/12), berita penangkapan itu diberikan oleh pejabat kepolisian metro London.

Advertisement

Belum ada keterangan bagaimana proses penangkapan tersebut. Namun memang ada agenda yang diutarakan oleh pengacara Assange, Mark Stephens, kalau kliennya hendak menemui polisi Inggris.

“Rencana yang saya buat adalah dia (Assange) untuk datang dan bertemu dengan polisi Inggris,” ujar Stephens seperti yang diberitakan AFP.

Di tengah sorotan pembeberan data rahasia kabel Kedubes AS oleh Wikileaks, Assange juga dituntut atas tuduhan kejahatan seksual sewaktu berlibur di Swedia. Atas tuduhan ini, Assange melalui Stephen langsung membantahnya dan menyebut tuduhan itu punya ‘motif politis’.

Advertisement

Stephens memperingatkan organisasi yang didirikan Assange masih memiliki bahan rahasia lain sebagai alat thermo-nuklir untuk disebarkan jika Wikileaks perlu melindungi diri.

Wikileaks kini tengah menggarap pembeberan lebih dari 250.000 kawat diplomatik AS dan pengungkapan informasi rahasia itu mempermalukan pemerintah Amerika Serikat.

Pemerintah AS mengutuk pembeberan oleh Wikileaks, termasuk deskripis blak-blakan para pemimpin dunia dan perintah untuk melakukan aksi mata-mata di PBB, sebagai serangan terhadap masyarakat dunia.

Advertisement

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Inggris Wikileaks
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif