Selasa, 7 Desember 2010 18:03 WIB Internasional Share :

Pendiri Wikileaks ditahan polisi Inggris

London — Perburuan terhadap pendiri Wikileaks, Julian Assange, berakhir. Informasi terbaru, kepolisian Inggris telah menangkap pria berumur 39 tahun itu.

Seperti yang dilansir reuters, Selasa (7/12), berita penangkapan itu diberikan oleh pejabat kepolisian metro London.

Belum ada keterangan bagaimana proses penangkapan tersebut. Namun memang ada agenda yang diutarakan oleh pengacara Assange, Mark Stephens, kalau kliennya hendak menemui polisi Inggris.

“Rencana yang saya buat adalah dia (Assange) untuk datang dan bertemu dengan polisi Inggris,” ujar Stephens seperti yang diberitakan AFP.

Di tengah sorotan pembeberan data rahasia kabel Kedubes AS oleh Wikileaks, Assange juga dituntut atas tuduhan kejahatan seksual sewaktu berlibur di Swedia. Atas tuduhan ini, Assange melalui Stephen langsung membantahnya dan menyebut tuduhan itu punya ‘motif politis’.

Stephens memperingatkan organisasi yang didirikan Assange masih memiliki bahan rahasia lain sebagai alat thermo-nuklir untuk disebarkan jika Wikileaks perlu melindungi diri.

Wikileaks kini tengah menggarap pembeberan lebih dari 250.000 kawat diplomatik AS dan pengungkapan informasi rahasia itu mempermalukan pemerintah Amerika Serikat.

Pemerintah AS mengutuk pembeberan oleh Wikileaks, termasuk deskripis blak-blakan para pemimpin dunia dan perintah untuk melakukan aksi mata-mata di PBB, sebagai serangan terhadap masyarakat dunia.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…