Selasa, 7 Desember 2010 14:35 WIB News Share :

Pemkot Semarang upayakan "showroom"

Semarang--Pemerintah Kota Semarang terus mengupayakan berdirinya “showroom” atau ruang pamer untuk memamerkan seluruh produksi dari usaha kecil menengah (UKM) di kota itu.

“Sudah ada beberapa tempat yang dijajaki untuk pendirian ‘showroom’, tetapi sampai sekarang belum terealisasi. Kami menargetkan tahun 2011 sudah ada,” kata Aniya Widiyani, Staf Seksi Konsumsi dan Keamanan Pangan, Kantor Ketahanan Pangan Kota Semarang, di Semarang, Selasa (7/12).

Aniya mengemukakan, untuk etalase sudah ada di kantornya dan tinggal menunggu tempat untuk memamerkan hasil dari UKM. Bukan hanya untuk UKM, tetapi juga untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) yang ada di Kota Semarang.

Ia menjelaskan selama ini untuk memasarkan hasil UKM, UMKM dan IKM hanya melalui bazar dan pameran untuk produksi berbahan baku lokal dan merupakan khas Kota Semarang.

“Jadi hanya bazar dan pameran, belum bisa memamerkan produksi UKM, UMKM, dan IKM setiap harinya,” imbuhnya.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Bidang Pemasaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Ratnasari, mengemukakan bahwa sebenarnya setiap bulannya ada pameran di Hotel Grand Candi Semarang, akan tetapi pesertanya bergiliran.

“Tanggal pelaksanaan tidak pasti dan biasanya akhir bulan. Untuk Desember 2010 ini tanggal 16 dan 17 Desember,” tambahnya.

Hasil produksi yang dipamerkan masih terbatas seperti wingko, lapis legit, lumpia, dan batik Semarangan.

Kepala Sub-bagian Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian Setda Kota Semarang, Prima Nursanti, menambahkan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Kota Semarang juga berkeinginan untuk mendirikan “showroom”.

“Kota Semarang sebelumnya mendapat tugas untuk mencarikan lokasi dan direncanakan ‘showroom’ akan dibangun di Jalan Pahlawan sebelah kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah,” lanjutnya.

ant/nad

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…