Senin, 6 Desember 2010 17:06 WIB Solo Share :

Retribusi IMB bagi MBR bakal dihapuskan

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal membebaskan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari retribusi izin mendirikan bangunan (IMB). Peraturan walikota (Perwali) pun tengah disusun sebagai landasan hukum pengambilan kebijakan tersebut.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo Yob S Nugroho mengemukakan kebijakan menggratiskan MBR dari retribusi IMB merupakan bentuk kepedulian Pemkot Solo terhadap MBR di Kota Solo.

“Saat ini Walikota Solo sudah mengambil kebijakan untuk membebaskan MBR di Kota Solo dari penarikan retribusi IMB dengan maksud untuk meringankan beban MBR. Namun karena belum ada dasar hukumnya, Pemkot saat ini sedang menyusun Perwali yang akan menjadi payung hukum bagi diberlakukannya kebijakan tersebut. Diharapkan Perwali dapat selesai akhir Desember tahun ini,” ujar Yob ketika ditemui wartawan seusai mengikuti rapat SKPD (satuan kerja perangkat daerah-red) di Balai Tawangarum Balaikota Solo, Senin (6/12).

Yob mengakui dengan adanya penghapusan retribusi IMB bagi MBR tersebut berarti Pemkot kehilangan satu potensi sumber pendapatan asli daerah (PAD). Namun pihaknya optimistis pos tersebut dapat tertutup oleh retribusi IMB yang berasal dari warga yang mampu.

“Kami optimistis akan tetap dapat diimbangi oleh pemasukan dari retribusi IMB yang bukan MBR. Kan untuk retribusi IMB untuk warga yang mampu tidak dihapuskan?,” ungkap Yob.

sry

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…