Senin, 6 Desember 2010 11:20 WIB News Share :

Bromo kembali erupsi, perubahan status ditunda

Probolinggo— Gunung Bromo kembali mengalami erupsi semalam pukul 00.51 WIB dengan ketinggian sekitar 900 meter. Rencana mengeluarkan status baru kemungkinan ditunda.

“Akan ada evaluasi kembali setelah ada erupsi dini hari tadi,” kata Kepala Bidang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, Senin (6/12).

Erupsi yang terjadi dinihari tadi, Bromo memuntahkan kandungan material abu mengarah ke arah barat atau kawasan Malang.

Namun, saat ini aktivitas kembali menurun. Kondisi terakhir asap hitam kemudian berubah menjadi putih keabu-abuan. Pihaknya, pagi ini tidak bisa mengeluarkan pengumuman perubahan status dan akan dilakukan evaluasi kembali. Terkait penetapan status terbaru akan dikeluarkan oleh pusat PVMBG siang atau sore nanti.

“Terkait perkembangan di Gunung Bromo telah kami laporkan ke PVMBG pusat,” tegas Gede.

Terkini, perkembangan Bromo di Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Bromo di Dusun Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, gempa tremor masih terjadi dengan amplitudo 5 milimeter dan gempa vulkanik dangkal sebanyak 6 kali dengan amplitudo 38 milimeter.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…