News
Minggu, 5 Desember 2010 - 22:58 WIB

Produk baru mulai jajaki pasar komputer Solo

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Sejumlah produk baru dalam dunia information communication technology (ICT) menjelang akhir tahun 2010 ini mulai jajaki pasar.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia ApkomYes! 2010, Bintoro, kepada Espos, di sela-sela pameran, Minggu (5/12). “Jadi, selain menghabiskan produk-produk lama, vendor juga banyak yang menampilkan produk baru, yang siap dipenetrasikan ke pasar tahun 2011 mendatang,” tutur Bintoro.

Advertisement

Produk baru, lanjut Bintoro, tentunya tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin <I>update<I> serta tuntutan kebutuhan masyarakat ICT saat ini. “Memang perkembangan ICT saat ini sangat luar biasa. Setiap merk berusaha memperluas penetrasi pasarnya, dengan meng-update komponen teknologinya.”

Seperti contoh, produk LCD yang melengkapi perangkat personal computer (PC) saat ini sudah hadir dengan teknologi terbaru yakni LED. LED, menurut Bintoro, hadir dengan beberapa kelebihan seperti fisik yang lebih ringan, konsumsi listrik yang lebih hemat, tingkat ketajaman gambar yang lebih tinggi serta lebih awet. Soal harga, ditambahkannya tentu ada selisih dengan harga LCD.

“Tapi selisihnya tidak terlalu tinggi. Paling hanya berkisar Rp 50.000.” Hanya saja, untuk penetrasi ke pasar terutama dalam event pameran produk-produk baru ini masih sangat sulit.

Advertisement

Disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo, Andoko, produk-produk baru biasanya baru bisa diterima pasar setelah tiga bulan produk tersebut dikeluarkan. “Ini kaitannya dengan harga, di mana produk itu perlu beradaptasi dengan pasar dan daya beli pasar.”

Selain LED, Bintoro melanjutkan, produk baru yang sudah mulai menjajaki pasar saat ini adalah keluarnya netbook dengan ukuran 12 inch. “Kalau selama ini pasar masih mengenal netbook dengan ukuran 10 inch, sekarang sudah banyak vendor yang mengeluarkan produk netbook dengan ukuran 12 inch.
Produk-produk tersebut membenamkan procecor dual core atom yang lebih hemat energi.”

Produk baru tidak hanya muncul dari vendor-vendor kenamaan saja. Tetapi, dari brand lokal bahkan produk-produk buatan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Advertisement

Seperti diketahui, dalam pameran ApkomYes!, Apkomindo menggandeng sejumlah vendor seperti Acer, Dell, Samsung, Gigabyte, Asus, Hp, ViewSonic dan sejumlah vendor besar lainnya.

haw

Advertisement
Kata Kunci : Komputer Soloraya
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif