Minggu, 5 Desember 2010 17:09 WIB Internasional Share :

Muhaimin akan bahas TKW dengan Menaker Arab Saudi

Madinah–Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar akan segera melakukan pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi.

Muhaimin akan meminta komitmen mereka tentang perlindungan tenaga kerja Indonesia di negara Timur Tengah tersebut.

“Saya akan ke Riyadh. Insya Allah saya akan bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja Saudi Arabia, untuk mendorong pengakuan yang lebih kepada domestic workers di sini supaya diakui sebagai hubungan kerja formal bahwa itu profesi yang harus dihargai,” kata Muhaimin di kantor Haji Indonesia Madinah, Minggu (6/12).

Sementara saat bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Muhaimin akan meminta Arab Saudi agar memperketat pemakaian TKI ilegal.

Masalah TKI ilegal menurut Muhaimin saat ini sedang marak, dan inilah yang salah satunya menyebabkan penganiayaan terhadap TKI karena mereka biasanya tidak dilatih.

“Itu menjadi masalah baru karena itu Imigrasi di sini harus memperketat, tidak boleh warga sini mempekerjakan pekerja yang ilegal,” ungkap menteri yang juga Ketua Umum PKB itu.

Sebelum bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Muhaimin akan melakukan pertemuan di Jeddah dan Mekah dengan Konjen dan masyarakat Indonesia.

Rapat akan membahas upaya untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan perlindungan warga Indonesia khususnya para pekerja di Arab Saudi.

“Pekerja di sektor formal baik-baik saja. Tinggal yang sektor rumah tangga, atau domestik, tentu ini akan kita perbaharui dengan pola manajemen perlindungan yang lebih memadai,” ucap Muhaimin.

Muhaimin yang didampingi Konjen RI di Jeddah Zakaria Anshar sebelumnya menjenguk Sumiati di RS King Fahad. Sumiati, TKW yang dianiaya majikannya, akan menjalani operasi paru-paru hari Minggu ini.

Ditegaskan Muhaimin, peristiwa penganiayaan terhadap Sumiati dan dibunuhnya Kikim Komalasari harus menjadi momentum yang menyadarkan semua pihak agar berkomitmen secara konkret untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan terhadap TKI.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…