Minggu, 5 Desember 2010 08:57 WIB News Share :

Mahasiswa perlu miliki kemampuan menulis

Jogja–Mahasiswa perlu memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar untuk menunjang perkuliahan di jenjang sarjana hingga pascasarjana.

Demikian disampaikan dosen ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Eko Priyo Purnomo.

“Melalui menulis, orang menuangkan ide, gagasan dan pemikirannya, untuk kemudian dapat diketahui orang lain. Orang lain akhirnya mampu memahami mereka sehingga komunikasi dapat dibentuk,” kata Eko di Jogja, Minggu (5/12).

Menurut dia, komunikasi yang baik akan menciptakan kesuksesan, termasuk dalam kehidupan sosial di masyarakat.

“Oleh karena itu, menulis sesuai dengan kaidah yang benar dan baik perlu dijadikan kebiasaan bagi para mahasiswa untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan pemikiran kepada orang lain,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, Jurusan Ilmu Pemerintahan UMY menyelenggarakan lokakarya penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa.

Kegiatan tersebut merupakan ajang pelatihan untuk menggiatkan mahasiwa dalam berkemampuan menulis dengan baik dan benar secara ilmiah.

Dikemukakan dia lokakarya itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswa untuk menulis karya ilmiah sesuai dengan standar yang baik dan benar.

“Menulis itu ibarat kakak beradik dengan kuliah. Keduanya harus saling dijaga dengan cara memiliki kemampuan yang baik dan benar dalam menjalankan kegiatan perkuliahan, dan menulis agar mendapatkan hasil yang optimal,” jelasnya.

Ia menyampaikan, dalam menulis, mahasiswa juga harus memiliki kemampuan mereferensi dengan benar untuk menghilangkan tuduhan plagiat dan upaya melakukan tindakan jujur karena tidak melakukan klaim karya orang lain.

“Dengan memberikan referensi akan membantu pembaca menelusuri sumber tulisan karya ilmah tersebut,” imbuhnya.

ant/nad

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…