News
Sabtu, 4 Desember 2010 - 10:49 WIB

Puluhan rumah di Cilacap terendam banjir

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Puluhan rumah dan ratusan hektare sawah di Dusun Pitulasi, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipari, Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Cikawung.

“Banjir tersebut mulai terjadi Jumat (3/12) malam, sekitar pukul 23.30 WIB dan merendam 85 rumah warga dengan ketinggian 50-80 centimeter. Hingga pagi ini, masih ada sekitar 30 rumah yang terendam dengan ketinggian air rata-rata 40 cm,” kata Kepala Dusun Pitulasi, Turmono, di Desa Mekarsari, Cipari, Cilacap, Sabtu (4/12).

Advertisement

Selain rumah, kata dia, banjir tersebut juga merendam sawah warga seluas 98 hektare dan sawah bengkok seluas 45 hektare yang sedang menjalani masa pengolahan.

Menurut Turmono, banjir tersebut terjadi akibat jebolnya tanggul Sungai Cikawung yang berada di Desa Sidasari, Kecamatan Cipari, di sebelah barat Desa Mekarsari.

Secara terpisah, Camat Cipari Hadiman mengatakan, pihaknya telah mendapat informasi mengenai adanya tanggul Sungai Cikawung yang jebol sehingga mengakibatkan banjir di Desa Mekarsari.

Advertisement

“Saya memang mendapat informasi tersebut. Namun saya belum mengecek kondisi tanggul yang jebol,” katanya.

Sementara itu, banjir juga menggenangi puluhan hektare sawah di Desa Malabar, Kecamatan Wanareja.

Kasubbag Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wilayah Majenang, Sabar menagatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti luas sawah di Wanareja yang terendam banjir.

Advertisement

“Saya baru mendapat laporan dari warga, namun kalau diperkirakan ada lebih dari 10 hektare,” katanya.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif