News
Kamis, 2 Desember 2010 - 14:04 WIB

Terbukti terima suap, hakim Roy akhirnya dipecat MA

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Hakim Pengadilan Negeri Balige, Sumatera Utara, Roy M Maruli Napitupulu akhirnya dipecat oleh Mahkamah Agung (MA) karena terbukti menerima suap Rp 50 juta. Roy pun mengaku kecewa dan akan pikir-pikir melaporkan balik orang yang menyuapnya.

“Memberhentikan dengan tidak hormat Hakim Roy M Maruli Napitupulu,” kata ketua Majelis Kehormatan Hakim (MKH) Zainal Arifin di Gedung MA, Kamis, (2/11).

Advertisement

Dalam putusannya, MKH berkeyakinan jika Roy telah melakukan tawar menawar perkara dengan pihak berperkara. Selain itu, terjadi proses transaksi putusan senilai Rp 50 juta. MKH juga menyayangkan atas sikap Roy yang tidak menyesali perbuatannya.

“Perbuatan Roy melanggar kode etik hakim,” tambah Zainal.

Menanggapi putusan ini, Roy mengaku kecewa karena saksi yang dibawa oleh Roy tak didengar MKH. Akibat putusan ini, karir Roy yang dibangun sejak 2001 pun tamat sudah. “Saya kecewa atas putusan ini,” tutur Roy.

Advertisement

Roy sendiri masih menyangkal menerima uang suap tersebut. Namun, dia masih pikir-pikir jika akan melaporkan balik pemberi suap karena telah memberikan gratifikasi.

“Lihat nanti saja,” beber Roy singkat.

Salah seorang anggota MKH yang juga kandidiat kuat anggota Komisi Yudisial (KY), Abbas Said mengaku puas. Selama sidang, dia yang paling galak mencecar Roy. Berkali- kali dia memberikan teguran keras kepada Roy tentang pentingnya arti kejujuran.

Advertisement

“Selama ini, kan katanya hanya usulan MKH dari MA saja yang bisa dipecat. Ini buktinya, usulan dari KY juga bisa,” tegas Abbas usai sidang.

Sebagaimana diketahui, Roy dilaporkan ke KY karena diduga menerima suap untuk meringankan terdakwa. Namun dalam putusannya, Roy yang selaku Ketua Majelis Hakim tetap menghukum 6 tahun penjara buat Sontiar dan 1 tahun untuk David.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif