Kamis, 2 Desember 2010 09:08 WIB News Share :

Hujan abu Gunung Bromo ke arah Lumajang

Probolinggo— Setelah hujan abu terus melanda kawasan terdekat Gunung Bromo seperti Malang, Pasuruan dan Probolinggo, kini hujan abu mengguyur daerah Ranu Pane, Lumajang, Kamis (2/12).

Hal ini terjadi, karena adanya perubahan arah mata angin abu vulkanik yang disemburkan gunung berapi itu.

Kepala Bidang Pengamatan Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG Bandung Gede Suantika mengimbau agar masyarakat di Lumajang menggunakan masker, karena abu vulkanik Gunung Bromo cukup berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, abu vulkanik ini mengandung silikat dan belerang.

“Abu vulkanik yang keluar dari kawah Gunung Bromo sekarang mengarah ke timur tenggara atau daerah Lumajang. Pastinya saat ini hujan abu mengguyur kawasan tersebut” kata Gede Suantika, Kepala Bidang Pengamatan Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG Bandung.

Sementara itu, perkembangan terakhir yang terekam oleh PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Bromo di Cemorolawang dari pukul 00:00-06:00 WIB, Gunung Bromo mengalami gempa vulkanik dangkal satu kali dengan amplitudo 22 mm dan lama gempa 10 detik.

Selain itu, gempa tremor juga masih terus menerus terjadi dengan amplitudo 1,5-6 mm dengan warna asap kelabu kecoklatan.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…