Ritual 1 Suro Gunung Kemukus digelar pekan depan

Sragen (Espos)–Ritual 1 Suro di Objek Wisata Makam Pangeran Samudra alias Gunung Kemukus bakal digelar Selasa (7/12). Proses ritual yang pada intinya menggati kelambu putih di Makan Pangeran Samudra tersebut akan melibatkan 150-an orang ‘paraga’ untuk keseluruhan ritual.

Sedangkan untuk anggaran, kegiatan tahunan tersebut mendapatkan dukungan anggaran dari APBD Kabupaten Sragen senilai sekitar Rp 50 juta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sragen, P Poedarwanto, kepada Espos, Rabu (1/12) menerangkan ritual 1 Suro di Gunung Kemukus akan digelar mulai Senin (6/12) dengan tahlilan dan pergelaran wayang semalam suntuk.

Selanjutnya, pada Selasa pagi, akan dilakukan pelepasan kelambu putih yang selama ini menyelimuti Makam Pangeran Samudra untuk disucikan. Air serta kelambu yang telah disucikan itu biasanya menjadi rebutan pengunjung yang percaya akan mendapat berkah.

tsa

Editor: | dalam: Sragen |

4 Komentar pada “Ritual 1 Suro Gunung Kemukus digelar pekan depan”

  1. Petrus
    1 Desember 2010 pukul 15:06

    Perhelatan adat sebaiknya menghilangkan ritual ‘Zina’ yg kental di acara gunung kemukus. Katanya wong Solo terkenal masyarakat yg sopan, ttp koq perzinaan masal di gunung kemukus masih ada?

  2. ibrohim
    2 Desember 2010 pukul 09:03

    ritual merupaan sebagian simbol dari kepercayan masyarakat aka hal itu harus dilestarikan dan juga ter koordinir dengan baik.

  3. haryono darmawan
    2 Desember 2010 pukul 20:48

    Yang penting selesai tahlilan gak ada lagi untuk ritual mencari pesugihan

  4. yono
    3 Desember 2010 pukul 14:55

    ritual ini sebenarnya hanya mengada-ada saja. sejak dulu tidak ada acara demikian. baru sejak tahun 2002-an acara ini ada. ini hanya akal2an pemda saja untuk meraup untung karena wisata gunung kemukus mulai meredup. saya tahu sendiri sebab tin/al di wilayah yang sama.

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga ยป