Rabu, 1 Desember 2010 13:31 WIB Internasional Share :

Pengacara
TKW Sumiati sengaja lukai diri

Riyadh–Sungguh malang nasib TKW Sumiati binti Salan Mustapa yang digunting bibirnya oleh sang majikan. Pengacara yang ditunjuk untuknya, malah mengatakan Sumiati sengaja melukai dirinya sendiri.

“Majikannya yang berusia 53 tahun baru menjanda dan diwarisi banyak uang. Pembantunya tahu soal itu,” kata pengacara dari Human Rights Commission (HRC), Sultan bin Zahim, seperti dilansir arabnews.com, Senin (29/11) lalu dan dikutip detik.com, Rabu (1/12).

Zahim mengatakan Sumiati mungkin sengaja melukai dirinya untuk memeras sang majikan. Bahkan Sumiati akan diperiksa kesehatan jiwanya apakah dia mengalami kegilaan.

Zahim pun menanggapi sinis kasus TKW Kikim Komalasari yang tewas di kota Abha. Munculnya kasus Kikim karena media di Arab Saudi sedang ramai berita TKW.

“Itu sudah sifat alami media,” ujarnya.

Zahim mengatakan tidak ada hal yang ditutup-tutupi di Arab Saudi. Pemukulan oleh majikan menurut dia adalah cara untuk membuat TKW menjadi disiplin dalam bekerja.

“Walaupun penyiksaan fisik, emosional dan verbal, dikutuk oleh ajaran Islam, beberapa orang menganggap pemukulan adalah cara untuk melatih disiplin,” kata Zahim.

Zahim mengakui KBRI Riyadh juga menunjuk pengacara untuk memantau kasus Sumiyati.

Sikap Zahim mengundang kecaman para pembaca arabnews.com. Menurut mereka, sudah sering pengacara TKW justru membela majikannya. Ketika berhadapan dengan pengadilan, pengacara TKW kerap membantu majikan untuk bisa lolos dari jerat hukum.

“Jangan memanipulasi kenyataan. Pikirkan nasib korban!” kata Fauzi A Alkaff.
“Orang yang mengaku ini harus diperiksa kejiwaannya,” cetus Altaf Basheer.

rif

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…