Selasa, 30 November 2010 10:56 WIB News Share :

Warga di Kali Code kerja bakti bersihkan sisa banjir

Jogja–Cuaca yang cerah dimanfaatkan warga di bantaran Kali Code, Jogja, membersihkan sisa-sisa banjir. Warga melakukan kerja bakti dengan mengumpulkan pasir untuk meninggikan tanggul, Selasa (30/11)..

Warga sibuk membersihkan rumahnya yang kemarin sempat kebanjiran setinggi satu hingga dua meter. Warga mengepel lantai di dalam rumah dan membersihkan sisa-sisa air yang menggenangi halaman rumah.

Material pasir yang memenuhi lorong-lorong di tiap gang perkampungan padat itu dikumpulkan lalu dimasukkan ke dalam karung.

Material pasir ini menumpuk di pinggir kali. Padahal, sebelumnya di beberapa titik telah dilakukan pengerukan dengan alat berat. Karung berisi pasir itu ditumpuk guna meninggikan tanggul di bantaran Kali Code.

Warga yang melakukan kerja bakti di antaranya di Ledok Terban Kecamatan Gondokusuman, Ledok Jogoyudan Kecamatan Jetis, Ledok Kota Baru Kecamatan Godokusuman, dan Ledok Tukangan Kecamatan Danurejan.

Lumpur pekat yang masih menempel di lantai rumah warga disemprot dengan air. Warga yang menghuni bantaran sungai diberi pengarahan untuk tetap waspada banjir. Sejumlah relawan siaga di beberapa pos Kamling di bantaran Kali Code dan memantau banjir lahar dingin dari lereng Gunung Merapi lewat handy talkie.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…