Selasa, 30 November 2010 17:23 WIB Wonogiri Share :

Pemkab tetap gelar Jamasan Pusaka

Wonogiri (Espos)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akhirnya tetap akan menggelar Kirab dan Jamasan Pusaka pada Bulan Sura/Muharam tahun ini.

Event budaya bakal dilaksanakan dengan sejumlah modifikasi. Kegiatan tersebut dijadwalkan Minggu (19/12), berpusat di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM)

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi panitia kegiatan gelar wisata budaya bulan Sura/Muharam di Ruang Data Kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Selasa (30/11).

Selain membahas acara jamasan, rapat yang dipimpin Plt Sekretaris Daerah (Sekda), Sutanto Djosowijatmo itu juga membahas rencana acara Labuhan Ageng di Sembukan yang dijadwalkan Senin (6/12) serta Sedekah Bumi di Kahyangan pada Kamis (23/12).

“Selama ini masyarakat sering salah memaknai jamasan itu sebagai persembahan. Mestinya masyarakat diberi pengertian bahwa sebuah pusaka perlu dibersihkan sebagai bagian dari pelestarian budaya. Lain dari itu sebuah pusaka yang terbuat dari logam atau kayu perlu dibersihkan karena jika kotor mungkin saja ada racunnya. Misalnya seperti itu,” kata Jaelani.

shs

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…