Selasa, 30 November 2010 14:57 WIB News Share :

Gunung Merapi kembali keluarkan awan panas

Sleman–Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa siang (30/11), kembali mengeluarkan awan panas, setelah beberapa hari terakhir tidak lagi mengeluarkan awan panas pascaerupsi besar 5 November.

Awan panas yang muncul beberapakali tersebut mulai terlihat dari Dusun Ngipiksari, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman sekitar pukul 10.45 WIB dan terus keluar sampai beberapakali yang mengarah ke timur atau Sungai Woro di Klaten, Jawa Tengah.

Warga Dusun Ngipiksari, Purwanto yang sudah tiga hari ini pulang ke rumah dari pengungsian mengatakan, kejadian ini merupakan salah satu awan panas dengan luncuran cukup besar setelah beberapa waktu Gunung Merapi terlihat diam.

“Secara visual luncuran awan panas Merapi ini hanya dapat dilihat beberapa menit saja karena setelah itu Gunung Merapi kembali tertutup kabut, karena puncak Merapi juga tengah turun hujan deras dan hanya suara gemuruh yang terdengar,” paparnya.

Sejumlah petugas dan relawan dari tim SAR yang berada di Posko Pakem langsung bergerak menyebar memantau kondisi sungai yang berhulu ke Merapi, setelah sebelumnya dari sinyal handy talky (HT) yang diterima kondisi Merapi fluktuatif.

“Informasi yang kami terima dari petugas jaga di atas itu memang awan panas yang campur dengan banjir,” kata salah satu petugas di Posko Pakem.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…