Selasa, 30 November 2010 13:55 WIB Internasional Share :

Gempa 6,9 SR guncang Jepang

Jepang--Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang pesisir selatan Jepang, Selasa siang (30/11). Getaran gempa bahkan terasa di Tokyo dan sejenak menggoyang sejumlah bangunan tinggi, padahal ibukota Jepang itu berjarak ratusan kilometer dari episentrum (pusat gempa).

Menurut Badan Meteorologi Jepang (BMJ), seperti dikutip kantor berita Associated Press, gempa terasa pada pukul 12.25 waktu setempat, sekitar pukul 10 pagi WIB. Sampai berita ini diunggah, belum ada laporan tentang kerusakan maupun korban yang ditimbulkannya. Selain itu, gempa tidak sampai menyebabkan tsunami.

Episentrum gempa berada di dekat Kepulauan Ogasawara, yang terletak sekitar 800 km di sebelah selatan pulau utama Jepang. Gempa itu berpusat di kedalaman 480 km.

BMJ menilai gempa itu berkekuatan 6,9SR. Namun Badan Survei Geologi AS menyatakan kekuatan gempa 6,6SR.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang rawan gempa bumi. Pada 1995, gempa berkekuatan 7,2SR menewaskan 6.400 orang di Kota Kobe.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….