Selasa, 30 November 2010 19:16 WIB Sragen Share :

Bupati minta warga tak lagi turun ke jalan

Sragen (Espos)–Bupati Sragen Untung Wiyono mengimbau kepada warga agar tidak lagi unjuk rasa turun ke jalan terkait sengketa tanah antara Forum Peduli Kebenaran dan Keadilan (FPKKS) dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX.

Bupati bakal memperjuangkan sengketa tanah tersebut dengan win-win solution.

Penegasan Bupati tersebut disampaikan kepada wartawan Senin (29/11) lalu di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sragen.

Menurut Untung, hak guna usaha (HGU) itu sama dengan hak guna bangunan (HGB). Meskipun diperpanjang, kata dia, tetap menjadi hak yang bersangkutan. Dia menyontohkan Pabrik Gula Mojo selama bertahun-tahun tetap menjadi hak manajemen PG Mojo.

“Pemberian HGU itu diatur dalam UU. HGU tidak bisa dipindahtangankan, kecuali dimohonkan ke pemerintah pusat. Yang penting saya sudah memperjuangkan nasib mereka dengan mengirimkan surat ke pusat agar diberikan win-win solution. Rakyat diberi hak dan PTPN IX tidak boleh dirugikan. Rakyat secara defakto sudah menggarap tanah silakan garap tanah asal tidak mengubah peruntukan kawasan konservasi,” tegas Bupati.

trh

lowongan pekerjaan
STAFF SURVEY,MARKETING,SPG,SPB, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…