Senin, 29 November 2010 16:06 WIB News Share :

Kemenhub tutup Bandara Abdulrachman Saleh Malang

Jakarta–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Udara, akhirnya menutup Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur terkait dengan peningkatan aktivitas vulkanologi Gunung Bromo.

“Bandara itu ditutup sejak Senin (29/11), pukul 10.19 WIB sampai dengan Sabtu (4/12), pukul 17.00 WIB,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik, Bambang S Ervan saat dihubungi di Jakarta, Senin (29/11).

Dijelaskanya, penutupan tersebut ditempuh karena abu vulkanik akibat erupsi Gunung Bromo dapat menimbulkan bahaya bagi kinerja mesin pesawat udara serta mengganggu jalur penerbangan dari dan ke bandara.

“Ditjen Perhubungan Udara telah mengeluarkan ASHTAM (Ash Volcanic Hazard To Airmen) Nomor 0038/10,” katanya.

Berdasarkan ASHTAM tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengeluarkan NOTAM (Notice To Airmen) Nomor C 0929/10 dan berdasarkan NOTAM tersebut maka Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Malang, dengan koordinat S 0756 E 11 257 ditutup.

Ia juga menambahkan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bekerjasama dengan Badan Vulkanologi dan BMKG akan terus menerus memantau perkembangan aktifitas Gunung Bromo terutama dalam kaitan dengan bandar udara dan penerbangan.

ant/rif

lowongan pekerjaan
BPR BINSANI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pribumi dalam Kuasa Kata

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (26/10/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com.  Solopos.com, SOLO–Pada 19 juli 1913 terbit artikel berjudul Als ik een Nederlander was (Andai Saya…