Senin, 29 November 2010 16:19 WIB News Share :

19 WNI di Afsel dipulangkan 2 Desember

Jakarta–19 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat terlantar di Afsel kini sudah dalam perlindungan KBRI di Pretoria. Seluruhnya akan dipulangkan pada tanggal 2 Desember 2010 dengan biaya dari pemilik kapal.

“Tanggal 29 November, sekarang ini dibawa ke Pretoria. Nanti pulang ke Indonesia 2 Desember dengan biaya pemilik kapal,” kata Menlu Marty Natalegawa, usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/11).

Menurut Marty, ke-19 WNI dalam kondisi sehat. Mereka terus dimonitor oleh pihak KBRI dan sudah sepakat akan dipulangkan.

“Saat itu juga kita langsung memberi bantuan. Sekaran pemerintah Afsel setuju untuk memulangkan mereka,” tegasnya.

Diketahui pihak KBRI mendapat laporan mengenai 19 WNI ini pada Jumat (12/11). KBRI mendapatkan laporan adanya 19 WNI di kapal El-Shadai berbendera Afrika Selatan yang terlibat perselisihan dengan pemilik kapal.

Akibat perselisihan tersebut, para ABK memilih untuk turun kapal keesokan harinya dan melaporkan perselisihan tersebut kepada Seafarer’s Association di Durban (500 Km dari Pretoria) yang kemudian selama 3 malam para ABK ditampung sementara oleh Seafarer’s Association.

Dalam upaya mencari penyelesaian tersebut, KBRI Pretoria pada 12 November lalu, segera mengirimkan staf ke Durban untuk membantu para ABK WNI tersebut dan memberikan bantuan berupa makanan dan keperluan dasar lainnya.

Pihak KBRI juga memastikan kondisi kesehatan para ABK WNI. KBRI Pretoria terus memastikan bantuan makanan bagi para ABK WNI di Westville dan bantuan keperluan lainnya sampai dengan pemulangan para ABK.

Pada 16 November 2010, Kapal El Shadai meninggalkan pelabuhan Durban pada malam hari dan membawa dokumen paspor dan barang-barang pribadi ABK Indonesia yang masih berada di kapal tersebut. Sejak 16 November 2010, para ABK WNI ‘ditampung’ di Kantor Polisi Westville, Durban. Kapal El Shadai sendiri menurut jadwal akan kembali ke pelabuhan Durban pada 5 Desember 2010.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…