Minggu, 28 November 2010 11:30 WIB Tekno Share :

Tangkal pemalsuan, paspor ditanamkan chip

Jakarta–Banyak cara dilakukan untuk menghadang peredaran paspor palsu. Salah satunya adalah dengan mengandalkan chip yang bakal ditanamkan di dokumen untuk lintas negara tersebut.

Cara inovatif ini sendiri bakal segera diimplementasikan di China. Juru Bicara Menteri Luar Negeri China, Huang Ping mengatakan, langkah ini bakal menempatkan China sebagai pionir dalam menghadirkan dokumen perjalanan di masa depan.

Chip di dalam paspor tersebut nantinya bakal menyimpan data-data personal dari si pemilik. Seperti nama, nomor identitas, tempat paspor itu dibuat, status kewarganegaraan dan lainnya.

Sebagai langkah awal, paspor ber-chip ini akan dijajal dulu untuk karyawan pemerintahan. Harapannya, mereka akan dipermudah ketika tengah menjalani tugas lintas negara.

Dilansir detikcom, Minggu (28/11), dokumen perjalanan generasi baru di China ini nantinya bakal dicetak oleh Shanghai Banknote dan Shanghai Mite.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…