Minggu, 28 November 2010 20:43 WIB Tokoh Share :

Andrea Hirata didaulat jadi Duta Budaya dan Wisata Belitung Timur

Jakarta –– Penulis Tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata didaulat menjadi Duta Budaya dan Wisata Belitung Timur. Ia pun diminta untuk ikut membangun kampung halamannya itu dengan merancang master plan untuk Kampung Laskar Pelangi.

Pengukuhan Andrea sebagai Duta Wisata itu dilakukan oleh Bupati Belitung Timur, Bahuri Tjahaja Purnama pada malam puncak Festival Laskar Pelangi di Desa Linggang, Kecamatan Gantong, Kabupeten Belitung Timur, Sabtu (27/11).

Dalam acara malam puncak tersebut Menteri Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini juga memberikan penghargaan pada Andrea atas kiprahnya selama ini sebagai Duta Budaya Kabupaten Belitung Timur.

“Tugas sebagai Duta Wisata ini sebetulnya memang sudah diemban Andrea sejak Novel Laskar Pelangi diluncurkan 5 tahun lalu. Tapi hari ini anggaplah sebagai momen resminya, dengan kata lain Andrea harus semakin meningkatkan perannya sebagai duta,” tutur Bahuri.

Slempang Duta Budaya pun diberikan pada Andrea. Setelah itu penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini dilakukan.

Andrea bercerita, sejak Novel Laskar Pelangi ia telurkan, seringkali ia diundang sebagai pembicara di berbagai acara baik di dalam maupun luar negeri. “Sejak 5 tahun lalu, saya selalu menerangkan dan menjelaskan bagaimana suasana dan keadaan di kampung saya ini saat diundang ke acara apapun,” katanya.

Andrea pun berharap, Pemkab Beltim dapat bekerjasama dengan baik untuk semakin memajukan daerahnya. Karena diakuinya, ia sempat kecewa pada Pemkab yang dinilai terlambat menangkap momen sukses brand Laskar Pelangi.

“Ironis sekali, saya sungguh sedih dengan Budpar disini karena tidak memiliki konsep yang jelas untuk memanfaatkan momen ini. Semoga ke depannya bisa dijaga dan ditingkatkan,” harapnya.

Bupati Beltim, Bahuri Tjahaja Purnama baru terpilih pada September ini. Namun ia telah menyatakan tekadnya untuk mendukung rencana Andrea sebagai seniman dan generasi muda Beltim utnuk memajukan daerahnya.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan yaitu penyediaan lahan seluas 67 hektar untuk dibuat Kampung Laskar Pelangi. “Andrea harus ikut mendesainnya, karena bagaimana pun dia yang tahu mau diapakan. Bahkan kalau perlu ada patung Andrea dibangun boleh saja, asal saat malam tiba jangan ada yang taruh menyan,” canda Bahuri.

Dalam Festival Laskar Pelangi ini, turut diresmikan pula perubahan nama salah satu jalan yang ada di Desa Linggang, Kecamatan Gantong menjadi Jalan Laskar Pelangi. Jalan tersebut akan dilewati saat menuju Pasar Laskar Pelangi dimana terdapat Rumah Buku dan pusat pertunjukkan di desa tersebut.


dtc/tya

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…