Minggu, 28 November 2010 17:52 WIB Wonogiri Share :

800 Hektare tanaman padi terancam hama

Wonogiri (Espos)--Hampir 800 hektare tanaman padi di seluruh wilayah Wonogiri pada musim tanam (MT) ini terancam rusak karena serangan berbagai jenis hama.

Kondisi itu salah satunya disebabkan curah hujan yang terus tinggi nyaris sepanjang tahun diselingi panas menyengat yang membuat tanaman padi lebih rentan terhadap hama.

Sementara itu, ada 63 hektare tanaman padi yang sudah terserang. Namun serangan itu masih dalam kategori ringan dan bisa diatasi.

Informasi dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Wonogiri, serangan hama itu meliputi penggerek batang seluas 24 hektare, wereng coklat seluas 1 hektare, walang sangit seluas sembilan hektare, noda palsu menyerang sembilan hektare dan uret menyerang 19 hektare.

“Memang ada cukup banyak jenis hama yang mengancam. Di antaranya penggerek batang, wereng coklat, walang sangit, penyakit noda/api palsu, dan uret. Sedangkan keong, mungkin ada tapi sejauh ini belum ada laporan,” ungkap Kabid Tanaman Pangan, Sutardi, mewakili Kepala Dinas PTPH, Guruh Santoso, kepada wartawan, Minggu (28/11).

shs

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…