Soloraya
Jumat, 26 November 2010 - 23:02 WIB

Terkait sepinya Pasar Kartasura, Disperindag minta trayek bus dikembalikan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sukoharjo melayangkan surat kepada Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo terkait keluhan pedagang Pasar Kartasura yang merasa pengunjung semakin berkurang.

Sesuai aspirasi para pedagang, surat itu berisi permintaan pengembalian trayek beberapa angkutan umum perdesaan agar melintas di depan pasar. Pengembalian trayek angkutan umum itu bertujuan mendekatkan pengunjung ke Pasar Kartasura.

Advertisement

Informasi itu disampaikan Kepala Disperindag Sukoharjo, Supangat, saat terhubung dengan Espos, Jumat (26/11). “Kami sudah mengirim surat kepada Dinas Perhubungan (Dishubinfokom-<I>red<I>) bulan lalu,” katanya.

Supangat mengatakan pengiriman surat itu merupakan tindak lanjut atas evaluasi terhadap permasalahan pada pendapatan asli daerah yang berasal dari Pasar Kartasura. Dari evaluasi yang dilakukannya, kondisi pasar yang sepi dipengaruhi oleh tidak dilintaskannya angkutan umum, khususnya minibus dan beberapa angkutan lainnya di depan pasar.

“Menurut evaluasi kami, trayek angkutan yang tidak dilintaskan di depan pasar menjadi salah satu penyebab sepinya pasar,” tambahnya.

Advertisement

Namun, permintaan pengembalian trayek itu dikatakan Supangat belum mendapat balasan dari Dishubinfokom. “Kami belum terima balasan,” katanya.

Sementara Kepala Dishubinfokom Sukoharjo, Rusmanto, mengaku belum menerima surat permintaan itu. Menurutnya, pengembalian trayek angkutan itu membutuhkan survei khusus. “Kami belum terima. Jika iya, harus ada survei dulu dan melibatkan beberapa instansi,” jelasnya.

Rusmanto mengaku pihaknya tak bisa serta-merta mengubah trayek. Dia menyebut saat ini telah dibicarakan masalah untuk mengurangi kemacetan di beberapa titik wilayah Kartasura.

Advertisement

“Tidak dimasukkan saja (angkutan perdesaan-<I>red<I>), jalanan sudah macet. Kami bersama beberapa pihak juga membahas masalah angkutan dan kendaraan besar lainnya untuk mengurangi kemacetan,” tambahnya.

m85

Advertisement
Kata Kunci : Kartasura Terminal
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif