Jumat, 26 November 2010 22:46 WIB Klaten Share :

Pembentukan BPBD tunggu Perda

Klaten (Espos)–Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membentuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menunggu penetapan peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum lembaga ini.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Klaten, Edy Hartanta mengatakan, sebenarnya Pemkab Klaten sudah menyusun payung hukum berupa Peraturan Bupati (Perbup) untuk membentuk BPBD. Akan tetapi, kata Edy, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginginkan adanya sebuah Perda tersendiri untuk menguatkan payung hukum Perbup tersebut.

“Kami berharap, Perda itu bisa diprioritaskan dibahas DPRD pada tahun 2011 nanti. Kalau sudah ditetapkan, BPBD itu bisa segera terbentuk,” tukas Edy saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (26/11).

Edy mengakui, Kabupaten Klaten sudah saatnya memiliki SKPD BPBD mengingat cukup banyak bencana alam yang sudah melanda wilayah ini. Selain letusan Gunung Merapi, bencana lain yang sudah pernah terjadi di Klaten adalah gempa bumi, banjir, longsor, angin ribut, dan lain sebagainya. Menurutnya, selama ini penanganan dan penanggulangan bencana alam itu menjadi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol dan Linmas).

Setelah BPBD terbentuk, maka segala bentuk penanganan maupun penanggulangan bencana menjadi Tupoksi dari SKPD ini. “Keuntungan jika ditangani BPBD penanganan dan penanggulangan bencana bisa lebih mudah dan lebih cepat, baik dari segi sarana prasarana maupun alokasi anggaran,” urai Edy.

mkd

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…