Jumat, 26 November 2010 10:06 WIB Hukum Share :

Dua hakim Gayus akan bersaksi di sidang Haposan

Jakarta–Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejari) Jakarta Selatan M Yusuf mengatakan dua hakim yang pernah mengadili perkara mafia pajak dengan terdakwa Gayus Tambunan, yakni Bambang Widiatmoko dan Haran Tarigan, akan bersaksi pada persidangan terdakwa Haposan Hutagalung di PN Jaksel, Jumat (26/11).

Yusuf dalam pesan singkatnya, menyatakan saksi lain yang akan dimintai keterangan di persidangan ialah Suyono (mantan Kepala Kejari Tangerang, Banten), Ho Kian Huat (pengusaha asal Singapura), Vincent Apriono, dan Mas Ahmad Santosa (anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum).

Sebelumnya, Bambang, Haran, dan Suyono sudah dipanggil jaksa untuk bersaksi pada sidang akhir Oktober 2010. Namun, ketiganya tidak hadir.

Bambang dan Harantelah diperiksa penyidik tim independen Polri, Badan Pengawas Mahkamah Agung, dan Komisi Yudisial. Hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya tindak pidana korupsi. Penyidik hanya menemukan suap senilai 40.000 dollar AS dari Gayus kepada Muhtadi Asnun, ketua majelis hakim PN Tangerang yang menyidangkan perkara penggelapan pajak Gayus.

Jika hadir, Ho akan bersaksi terkait perkara PT Salma Arowana Lestari (PT SAL) yang juga menjerat Haposan, mantan pengacara Gayus. Ho adalah klien Haposan yang melaporkan Anwar Salma, pemilik PT SAL dengan sangkaan penggelapan ke Bareskrim Polri. Namun, penyelidikan kasus itu mandek.

Menurut Polri, dengan persetujuan Ho, Haposan memberikan uang Rp500 juta ke Komjen Susno Duadji melalui Sjahril Djohan agar penyidik segera menyelesaikan kasus itu.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…