Soloraya
Kamis, 25 November 2010 - 08:44 WIB

Pemkot Solo gelar lomba desain celana kuda

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Ceceran kotoran kuda penarik dokar/bendi wisata di Kota Solo menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan di wilayah Kota Bengawan. Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat, bakal menstandarisasi desain celana kuda sebagai satu upaya mengendalikan pencemaran lingkungan.

Kepala BLH Kota Solo Sri Adhyaksa mengemukakan dalam rangka mewujudkan Kota Solo sebagai Kota Eko-budaya, perlu dilakukan upaya untuk mencegah agar kotoran kuda tidak mencemari lingkungan atau jalan-jalan kota dengan menggunakan celana kuda yang sesuai dan memiliki tampilan menarik sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisata Kota Solo.

Advertisement

Rencananya, desain celana kuda yang akan menjadi standar Pemkot akan diperoleh melalui penyelenggaraan lomba desain celana kuda.

“Penyelenggaraan lomba ini sekaligus untuk meningkatkan peran serta masyarakat khususnya kelompok masyarakat pemilik dokar/bendi di Kota Solo dalam bidang pengendalian pencemaran lingkungan hidup,” ujar Adhyaksa kepada wartawan, Kamis (25/11).

Adhyaksa menyebutkan lomba desain celana kuda itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, akademisi, praktisi seni dan pemerhati lingkungan. Peserta dapat melakukan registrasi pendaftaran pada panitia dengan mengisi biodata dan dapat dilakukan lewat e-mail snadjamuddin@gmail.com, ari_arisanti@yahoo.com dan arbon_78@yahoo.com.

Advertisement

Selain memiliki estetika menarik dan karakter yang mewakili budaya Solo, celana kuda diharapkan didesain dengan nyaman dan aman bagi kuda, mudah dalam pengoperasiannya, mampu menampung kotoran kuda dan mencegah terjadinya ceceran kotoran kuda di jalan dan bersifat kedap air.

Untuk gambar desain celana kuda, peserta diminta memasukkan desain dan mock up ke dalam satu sampul berbeda, kemudian memasukkan kedua sampul itu menjadi satu sampul yang direkat untuk menjaga kerahasiaan. Desain itu kemudian dikirim kepada panitia pelaksana sayembara desain celana kuda BLH Kota Solo tahun anggaran 2010, Jl Jend Sudirman No 2 Solo. Masa pengumpulan gambar desain dan prototype mulai tanggal 23 November sampai 6 Desember 2010.

sry

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif