Kamis, 25 November 2010 10:38 WIB News Share :

Masa depan KPK ditentukan Komisi III

Jakarta–Komisi III DPR Kamis (25/11) hari ini memiliki tiga agenda penting yang merupakan satu rangkaian untuk menentukan masa depan KPK. Agenda pertama yakni rapat internal membahas penetapan masa jabatan pimpinan KPK.

“Rapat akan dilakukan setelah makan siang, sekitar pukul 13.00 atau 14.00 WIB. Agendanya penetapan masa jabatan pimpinan KPK apakah nanti disepakati 1 tahun atau 4 tahun,” ujar Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edy, Kamis (25/11).

Menurut Tjatur, sebelumnya Komisi III telah mendengar keterangan Prof Romli Atmasasmita selaku Ketua Panja UU 30/2002 tentang KPK. Dari penjelasan Romli, seleksi pimpinan KPK yang dilakukan Komisi III hanya untuk satu tahun.

“Itu tujuannya untuk mencari pengganti pimpinan KPK yang berhenti di tengah jalan. Meskipun seluruh fraksi belum sepakat, tapi sepertinya nantinya akan mengarah ke situ,” terangnya.

Selesai komisi yang diketuai oleh Benny K Harman ini membuka sesi rapat internal kedua dengan agenda menetapkan pimpinan KPK dari kandidat yang sebelumnya telah menjalani fit and proper test, Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas.

“Kalau saya lihat petanya imbang, ya 50-50 lah. Saya juga tidak bisa menjelaskan sekarang,” terang politisi PAN ini.

Agenda ketiga yang dilakukan komisi hukum ini adalah menentukan siapa orang yang nantinya akan mengomandani lembaga anti korupsi tersebut.

“Baru kemudian kita tetapkan siapa yang akan menjadi ketua KPK. Yang jelas semua pimpinan haknya sama,” imbuh Tjatur.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…