Teknologi
Kamis, 25 November 2010 - 20:25 WIB

"Era digital, guru jangan mengajar secara tradisional"

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Kemajuan teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat. Sampai-sampai, tingkat adopsinya pun sudah menyentuh hingga kalangan anak-anak.

Nah, fenomena ini rupanya berpengaruh terhadap aktivitas mereka di bangku sekolah. Kebanyakan sekolah saat ini dinilai sudah tidak cocok dengan gaya mengajar tradisional.

Advertisement

Rani S Burchmore, Regional Head of Education Practice Dell mengatakan demi
menyongsong era pendidikan di abad 21 ini, para guru sebaiknya berhenti mengajar dengan cara mendikte muridnya.

“Sebaliknya, guru lebih baik berada dalam posisi sebagai seorang fasilitator. Sebab, ketika masuk ke kelas murid-murid ini sudah terhubung dengan informasi,” tukasnya.

“Jadi yang mereka butuhkan adalah interaksi. Guru seharusnya dapat membantu murid untuk mengkonsumsi informasi itu,” tambah Rani.

Advertisement

Wanita yang juga seorang pengajar ini mewanti-wanti, jika metode pengajaran para guru tak mengikuti perkembangan jaman, maka ditakutkan akan berdampak negatif terhadap si anak sendiri. Seperti Ponsel, mereka bisa saja switch-off atau berhenti berkreasi.

Melecutkan interaksi di antara para murid dan guru pun bisa dilakukan menggunakan bantuan teknologi. Dimana Dell juga punya solusi sejenis yang diberi nama Connected Classroom.

Solusi ini intinya adalah membantu sekolah-sekolah mengintegerasikan teknologi informasi dan komunikasi melampaui lab PC dalam setiap aspek pengajaran.

Advertisement

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif