Rabu, 24 November 2010 05:56 WIB Sport Share :

Liga Champions Grup G
Kalahkan Auxerre 2-0, gol Ibra-Dinho antar Milan ke 16 Besar

Auxerre–AC Milan memetik kemenangan 2-0 dalam lawatan ke AJ Auxerre lewat gol Zlatan Ibrahimovic dan Ronaldinho. Hasil tersebut mengantar Rossoneri mengikuti jejak Real Madrid lolos ke babak 16 besar.

Dalam laga yang dilangsungkan di Di Stade de l’Abbe-Deschamps, Rabu (24/11) dinihari WIB, Milan baru bisa mencetak gol di babak kedua. Zlatan Ibrahimovic memecah kebuntuan lewat sepakannya di menit 63 sebelum digandakan Ronaldinho di masainjury time.

Kemenangan ini membuat Milan berhak menemani Real Madrid yang sudah lebih dulu memastikan lolos ke fase knock out. Rossoneri kini mengumpulkan delapan poin dari dua kemenangan, dua hasil imbang dan sekali kalah.

Karena pada laga lain Los Merengues memetik kemenangan 4-0 dalam kunjungan ke Ajax Amsterdam, maka Milan dipastikan menuntaskan persaingan di grup ini sebagai penghuni posisi kedua. Di laga terakhirnya, anak didik Massimiliano Allegri akan menjamu Ajax Amsterdam.

Buat Auxerre, hasil ini membuat mereka masih bertahan di posisi dasar Grup G setelah baru membukukan tiga poin.

Di Stade de l’Abbe-Deschamps, kedua tim mengawali laga dengan sama-sama bermain menyerang. Milan lebih dulu membuka peluang saat bola pantulan kepala Zlatan Ibrahimovic dan disambar Robinho masih melayang tinggi.

Tuan rumah membalas di menit 13. Tendangan bebas Dariusz Dudka jauh dari luar kotak penalti membentur Gennaro Gattuso dan memaksa Cristian Abbiati meninju bola sambil melayang di udara.

Di menit 22 Ibra kembali menjadi tembok yang bertugas memantulkan bola buat rekannya. Kali ini tandukan Ibra menyuplai bola buat Clarence Seedorf yang menusuk masuk ke jantung pertahanan namun sepakannya masih jauh dari sasaran.

Gattuso mendapat peluang membawa Milan unggul saat dia berhasil memotong umpan bek lawan tepat di muka kotak penalti. Namun kembali gol tak tercipta lantaran bola yang dia sepak melengkung di atas sasaran. Babak pertama tuntas dengan kedudukan 0-0.

Sebuah peluang lain kembali disia-siakan Milan di menit 57. Menerima umpan dari Abate yang menusuk di sisi kanan, Robinho terlalu lama menunggu untuk menyepak bola, yang membuat upayanya itu gagal karena terhalang bek lawan yang melakukan blok sambil menjatuhkan diri.

Milan akhirnya membuka keunggulan di menit 63 melalui Ibra. Pesepakbola Swedia itu mengawali rangkaian gol yang dibuatnya sendiri saat dia melepaskan umpan akrobat menggunakan tumitnya.

Seedorf yang mendapat bola berusaha melepas umpan terobosan pada Abate yang menusuk ke dalam kotak penalti, namun gagal karena bisa dipotong bek lawan. Ibra yang berada di posisi dan waktu yang tepat langsung menyambar bola liar tersebut dengan melepaskan tendangan keras yang tanpa ampun menjebol gawang tuan rumah. 1-0 Milan unggul.

Di sisi lain Auxerre yang kesulitan menembus pertahanan tamunya mulai mengandalkan sepakan jarak jauh. Namun dua usaha yang dilakukan Dennis Oliech tak ada yang benar-benar membahayakan gawang Rossoneri.

Baru masuk menggantikan Seedorf, Kevin Prince Boateng langsung menggebrak pertahanan Auxerre. Melewati beberapa pemain lawan, upaya menambah keunggulan Milan gagal karena umpan yang dia lepas terlalu jauh dari Ibra yang sudah menunggu di muka kotak penalti.

Unggul satu gol membuat Milan mulai menggendurkan serangan. Barisan belakang Rossoneri bahkan membuat beberapa kesalahan yang untungnya tak sampai dimanfaatkan Auxerre untuk mencetak gol penyama.

Milan akhirnya memastikan kemenangan sekaligus tiket ke babak 16 besar setelah Ronaldinho melesakkan gol indah di menit 91. Sendirian di kotak penalti usai mendapat umpan dari Robinho dan berada dalam kawalan ketat pemain lawan, pesepakbola Brasil itu melepaskan tendangan melengkung yang mengarah ke sudut jauh gawang dan tak sampai dijangkau kiper.detikcom

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…