Rabu, 24 November 2010 09:18 WIB Internasional Share :

Gempa akibatkan rel KA seperti spagheti

Wellington--Gara-gara gempa bumi, rel kereta api mengalami deformasi. Rel yang tadinya lurus jadi berkelok-kelok seperti spagheti.

Hal ini terjadi di Selandia Baru. Sang fotografer mengatakan rel yang berkelok-kelok itu sepanjang 2 mil, berada di dekat Christchurch.

Blogger dari Himpunan Geofisik Amerika Dave Petley menjelaskan deformasi rel itu, yang menghubungkan Canterbury dengan pantai barat South Island, karena gempa 7,1 skala richter.

“Tekanan sangat kuat yang diterima rel ketika titik lemah ditemukan, mengacu pada perbandingan kecepatan deformasi untuk membentuk geseran di rel kiri. Kondisi ini lantas mengkonsentrasikan tekanan di kedua sisi rel sehingga terbentuk tikungan,” jelas Petley.

Perbaikan pun dilakukan hanya pada bagian rel yang berkelok-kelok itu dengan rel baru. Panjang relnya 2 meter lebih pendek dari rel lama.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
dr. NORMA AESTHETIC CLINIC, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…