Rabu, 24 November 2010 17:55 WIB News Share :

DPPK lakukan pembakaran bangkai ternak korban Merapi

Sleman–Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Rabu melakukan pembakaran bangkai ternak yang mati akibat terkena erupsi Gunung Merapi di Dusun Pulerejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan.

Pelaksanaan pembakaran ternak ini juga didukung Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pro Fauna, Anggota TNI/POLRI, PMI dan anggota Basarnas serta didukung masyarakat pemilik ternak.

“Bangkai ternak yang berhasil dibakar mencapai 100 ekor menggunakan kayu-kayu yang berserakan di lingkungan sekitar ditambah dengan ban-ban bekas serta minyak tanah,” kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman Slamet Riyadi Martoyo.

Menurut dia, sehari sebelumnya tim juga berhasil membakar ternak 76 ekor ditempat yang sama dan di dusun Pulerejo ini jumlah ternak yang mati ada sekitar 280 ekor.

“Pembakaran ternak akan dilanjutkan esok hari mengingat ada sinyal Gunung Merapi masih aktif kembali,” katanya.

Ia mengatakan, pembakaran hewan ternak yang matin ini dilakukan mengingat saat ini bangkai ternak baunya sangat menyengat dan dikhawatirkan kalau dibiarkan akan mengganggu kesehatan.

“Jika tidak dibakar kami khawatir nanti jika para pengungsi kembali ke wilayahnya dapat terserang penyakit yang ditimbulkan dari bangkai-bangkai ternak ini,” katanya.

Riyadi mengatakan, Tim juga mengevakuasi dua ekor anak sapi milik Jali Warga Tangkisan Umbulharjo Cangkringan yang kondisinya sakit karena ditinggal mengungsi pemiliknya.

“Induk dua ekor sapi tersebut sudah dalam kondisi sekarat,” katanya.

Ant

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…