Selasa, 23 November 2010 12:11 WIB Ekonomi Share :

Kendaraan plat merah dilarang pakai premium

Jakarta--Pemerintah memastikan semua kendaraan milik berplat merah tidak diperkenankan menggunakan BBM bersubsidi. Ini termasuk kebijakan pembatasan konsumsi BBM subsidi yang akan dilakukan Januari 2011.

“Kalau plat merah itu kudu, kudu non subsidi, biar ada penghematan,” ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (23/11).

Sebelumnya, Hatta menyebutkan pemerintah menyiapkan 2 opsi untuk penghematan penggunaan BBM bersubsidi pada tahun depan.

Opsi pertama, ujar Hatta, semua kendaraan plat hitam tidak mendapatkan BBM bersubsidi. Hanya plat kuning roda 4 dan 3, serta nelayan yang berhak mengkonsumsi BBM bersubsidi.

“Tahun depan hanya 2 opsi, pasti tanggal 1 Januari (2011) sudah bisa kita mulai. Opsi pertama, apakah hanya plat kuning roda 4 dan 3 plus nelayan yang menerima subsidi, plat hitam tidak tentu. Nelayan itu karena kecenderungan melautnya lebih jauh, jadi butuh lebih besar,” tutur Hatta.

Sedangkan opsi kedua, BBM bersubsidi tidak diberikan pada kendaraan plat hitam tahun 2005 ke atas. “Kedua, tahun 2005 ke atas,” ujarnya.

Sedangkan untuk kepastian mana opsi yang akan diberlakukan pada 1 Januari 2011, pemerintah akan membahasnya pada sekitar 6-9 Desember 2010.

“Antisipasi mengenai hal ini masih dilakukan pembicaraan dengan dewan (DPR),” tandasnya.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…