Selasa, 23 November 2010 15:30 WIB Issue Share :

10 Selebriti berotak encer

Jakarta--Para selebriti berikut ini tidak hanya memiliki wajah rupawan dan bakat yang mumpuni di bidang mereka masing-masing. Mereka juga pintar dalam pendidikan. Siapa saja mereka?

Berikut ini daftar selebriti yang pintar dan berprestasi di bidang akademik:

1. Natalie Portman

Aktris cantik berdarah Amerika-Israel ini pernah berkata kalau dirinya lebih baik menjadi pintar dibandingkan menjadi pemain film. Natalie lulus dengan gelar sarjana psikologi dari Harvard University pada 2003 dengan indeks prestasi 4,0.

Bintang film ‘Mr Magorium’s Wonder Emporium’ itu fasih berbahasa Ibrani, dan telah mempelajari Prancis, Jepang, Jerman dan Arab. Natalie telah dua kali masuk dalam jurnal ilmiah dan pada 2006 hadir di Columbia University untuk memberikan kuliah di bidang terorisme dan kontraterorisme.

2. Jodie Foster


Aktris Jodie Foster terkenal lewat perannya sebagai pelacur remaja di film ‘Taxi Driver’ (1976) yang mendapat nominasi Academy Awards. Ia telah berakting secara profesional sejak umur 3 tahun.

Pada 1980, Foster lulus dari Lycee Francais de Los Angeles sebagai pembaca pidato perpisahan. Setelah itu ia melanjutkan di Yale University dan lulus magna cum laude dengan gelar BA dalam bidang literatur. Aktris kelahiran 19 November 1962 itu juga fasih berbahasa Jerman, Inggris dan Prancis.

3. Dolph Lundgren

Aktor asal Swedia bernama lengkap Hans ‘Dolph’ Lundgren ini tidak hanya memiliki tubuh yang berotot. Dolph juga memiliki pendidikan yang tinggi. Ibunya seorang guru bahasa, sedangkan sang ayah bekerja sebagai teknisi dan ahli ekonomi di pemerintah Swedia.

Setelah lulus dari Swedia Royal Institute of Technology, bintang ‘Rocky IV’ itu mengambil gelar master di bidang teknik kimia dari Universitas Sydney (1982). Dolph juga mendapatkan beasiswa penuh dari Massachusetts Institute of Technology pada 1983.

4. Conan O’Brien

Komedian Conan O’Brien tahu bagaimana mengeluarkan lelucon pintar dalam acara talkshow ‘Conan’ yang dipandunya. Setelah lulus sebagai pembaca pidato perpisahan, pria kelahiran 18 April 1963 itu mengejar gelar sarjana bidang sejarah dan sastra di Harvard University. Conan lulus dengan predikat magna cum laude.

5. Geena Davis

Sebelum menjadi bintang film, Geena Davis pernah mengikuti program pertukaran pelajar yang membuatnya lancar berbahasa Swedia. Dengan IQ 140, bintang film ‘The Accidental Tourist’ itu menerima gelar doktor kehormatan dari Bates College atas karyanya tentang studi gender di media.

6. Ben Stein

Benjamin Jeremy ‘Ben’ Stein adalah aktor, penulis, pengacara dan komentator di bidang ekonomi & politik. Ia meraih sukses awal sebagai penulis pidato untuk Presiden Amerika Richard Nixon dan Gerald Ford.

Penulis buku ‘How to Ruin Your Life’ itu terjun ke dunia hiburan dan menjadi aktor, pelawak serta pemandu acara game yang meraih Emmy Awards. Ben juga menulis kolom bisnis mingguan di New York Times.

7. Kate Beckinsale

Selain terkenal sebagai pembunuh werewolf dan vampir berbaju ketat, aktris Kate Beckinsale juga memiliki prestasi cemerlang di bidang pendidikan. Bintang film ‘Underworld’ itu memulai karier di bidang akting saat dirinya masih berstatus sebagai mahasiswi sastra Prancis dan Rusia di Oxford University.

8. Quentin Tarantino

Meski pernah dikeluarkan dari sekolahnya pada umur 16 tahun, sutradara Quentin Tarantino bukanlah murid yang bodoh. Pria kelahiran 27 Maret 1963 itu memiliki IQ 160.

Kejeniusan Quentin tertuang dalam film-film karyanya seperti Reservoir Dogs (1992), Pulp Fiction (1994), Jackie Brown (1997), Kill Bill (2003–2004), Death Proof (2007) dan Inglourious Basterds (2009). Penghargaan di Academy Awards dan Golden Globe Awards telah diraihnya.

9. Edward Norton

Edward Norton adalah aktor yang mendapatkan nominasi Best Supporting Actor di ajang Academy Awards untuk perannya di film ‘Primal Fear’. Ia lulus dari Yale University dengan gelar B.A di bidang sejarah pada 1991. Norton pernah bekerja untuk perusahaan kakeknya di Osaka, Jepang.

10. Lisa Kudrow

Meski perannya di serial ‘Friends’ terlihat ‘bodoh’, aktris Lisa Kudrow ternyata lahir dari keluarga yang memiliki otak encer. Ayahnya seorang dokter, sedangkan saudara lelakinya berprofesi sebagai neurologist.

Jauh sebelum memutuskan untuk terjun di dunia akting, Lisa sudah melakukan berbagai penelitian medis. Ia menerima gelar B.S di bidang biologi dari Vassar College dan bekerja sebagai staf ayahnya selama 8 tahun.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…