Minggu, 21 November 2010 09:33 WIB Tekno Share :

Tak tergantung Pemerintah, TI Indonesia jadi panutan

Jakarta–Indonesia dijadikan salah satu panutan dalam pemberdayaan masyarakat lewat teknologi informasi (TI). Indonesia adalah satu-satunya contoh dari Asia Pasifik.

Demikian disampaikan penggiat TI, Onno W Purbo seperti dilansir detikcom, Sabtu (20/11). Ia mengatakan, contoh dari Indonesia adalah satu-satunya yang mewakili Asia Pasifik dalam Journal Information Technologies & International Developments edisi khusus 2010.

“Di sana dijelaskan strategi pemberdayaan masyarakat berbasis IT yang bersifat bottom up, tidak tergantung pada utangan dan pemerintah. Lebih banyak bertumpu pada pemandaian masyarakat dan wanita,” tutur pria yang akrab disapa Kang Onno itu.

Dalam jurnal tersebut, Indonesia dimuat dalam sebuah tulisan bertajuk ‘The Foundation of Cultural Changes in Indonesia’. Tulisan itu ditulis bersama Onno W Purbo dan Matthew Walton dari International Development Research Centre, Kanada.

“Meski masih pada tahap awal, kisah Indonesia dan internet adalah hal yang berbeda dibandingkan negara lain di dunia. Indonesia didasarkan pada memiliki pengetahuan yang tepat, inovasi dengan solusi sederhana dan menciptakan keterbukaan,” sebut bagian kesimpulan dalam tulisan itu.

“Lebih penting lagi, gerakan di Indonesia ini adalah soal memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk bisa mengakses peluang itu sendiri, daripada sekadar menunggu disuapi orang lain,” lanjut mereka.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…