Erupsi Merapi 2010 (IST)
Minggu, 21 November 2010 12:48 WIB News Share :

DPR apresiasi TNI tangani bencana

Jakarta–Anggota Komisi I DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf, mengatakan, pihaknya memberi penghargaan kepada TNI karena telah bekerja cepat dalam menangani korban bencana alam, termasuk letusan Gunung Merapi.

“Komisi I memberikan apresiasi kepada TNI yang bekerja sigap membantu para korban letusan Gunung Merapi. Dari awal sudah duluan membantu korban, menyiapkan dapur umum, mampu menghibur korban sehingga tidak makin sedih dan kesepian,” ujar Nurhayati di Jakarta, Minggu (21/11).

Ia menambahkan, apresiasi tersebut disampaikannya setelah mendapat paparan dari Pangdam Diponegoro Brigjen TNI Langgeng Sulistyono.

“Tentunya, setelah mendengarkan paparan dari Pangdam, Komisi I mendalami paparan tersebut dan menyaksikan sendiri di lapangan bagaimana kerja TNI sebagaimana yang dipaparkan oleh Pak Langgeng. Kita berikan apresiasi karena kerja TNI sangat cepat dan bagus, koordinasi yang terukur,” terang dia.

Ditambahkannya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diharapkan bisa meningkatkan kerja sama dengan TNI dalam menanggulangi bencana karena TNI terlatih dan mampu menghadapi persoalan dengan cepat.

“BNPB juga harus seperti TNI, bekerja cepat, terlatih dan bisa bekerjasama dengan TNI,” ucap Nurhayati yang juga Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Terkait dengan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh TNI, anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat ini berharap Alat Utama Sistem Persenjataan atau Alutsista yang dimiliki TNI ke depan harus multifungsi.

“Peran TNI harus didukung dengan dana dan peralatan yang memadai. Komisi I berharap agar Alutsista yang akan dibeli haruslah multifungsi, bisa sebagai alat perang dan juga bisa sebagai alat untuk misi kemanusiaan, membawa bantuan bagi korban bencana seperti pembelian pesawat Hercules,” terang dia.

Nurhayati beserta beberapa orang anggota Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, pekan lalu. Dalam kunjungan kerja tersebut, Komisi I banyak mendapatkan masukan dari TNI terkait bencana dan juga memantau secara langsung kerja TNI di lokasi bencana Gunung Merapi.

ant/nad

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…