News
Minggu, 21 November 2010 - 13:35 WIB

Awal Desember, seluruh maskapai kembali terbangi Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Baru tiga dari enam maskapai penerbangan yang kembali melayani penerbangan untuk rute dari dan ke Jogja . Tiga sisanya akan menyusul pada akhir November dan selambat-lambatnya pada awal Desember 2010.

Demikian kata Coorporate Secretary PT Angkasa Pura II (Persero), Hari Cahyono, seperti dilansir detikcom, Minggu (21/11). PT AP II adalah pengelola Bandara Soekarno-Hatta (BSH), Banten.

Advertisement

“Sejumlah maskapai memutuskan untuk memulai penerbangannya dari BSH menuju Yogyakarta  hari ini. Sementara lainnya menginformasikan akan mulai terbang lagi pada akhir November atau awal Desember,” ucap Hari.

Maskapai yang hari ini memulai penerbangan dari BSH menuju Adisutjipto adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya dan Indonesia AirAsia. Penerbangan kembali ini menyusul diterbitkannya notice to airman (NOTAM) pembukaan kembali jalur udara untuk rute Jakarta–Semarang–Solo–Jogja oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, pada Sabtu (20/11).

Sedangkan tiga maskapai yang masih menunda penerbangannya adalah Lion Air, Mandala Air dan Sriwijaya Air. Lion Air akan memulai penerbangannya ke Yogyakarta  pada Jumat pekan depan (26/11), Mandala akhir bulan dan Sriwijaya Air baru akan terbang kembali pada awal Desember 2010.

Advertisement

“Sampai saat ini kami masih terus menunggu konfirmasi dari pihak maskapai terkait rencana penerbangan mereka. Bisa saja yang sebelumnya memutuskan untuk terbang akhir Desember, berubah jadi besok,” jelas Hari.

Seperti diketahui, Bandara Adisutjipto dinyatakan tertutup bagi seluruh penerbangan komersial dengan alasan keselamatan sejak 15 November. Hanya pesawat terbang militer pengangkut logistik tanggap darurat bencana letusan Gunung Merapi yang diizinkan mendarat di landasan yang berselimut abu vulkanik.

Sepekan terakhir, aktivitas Gunung Merapi pasca erupsi terhitung stabil. Atas dasar fenomena ini, Kementerian Perhubungan melalui Notam Office Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, membuka kembali jalur udara untuk rute penerbangan Jakarta–Semarang–Solo–Jogja.

Advertisement

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif