Sabtu, 20 November 2010 09:31 WIB Kesehatan Share :

Cara asyik mencegah kanker prostat

Jakarta--Kanker prostat merupakan kanker yang paling umum terjadi pada pria. Ini bahkan merupakan kanker kedua yang paling mematikan. Tapi ada beberapa cara asyik yang dapat dilakukan pria untuk mencegah kanker prostat.

Cara pencegahan suatu penyakit biasanya membatasi diri untuk dapat melakukan hal yang menyenangkan, seperti mengurangi konsumsi daging merah, makanan yang digoreng atau hal-hal lain yang menjadi kesukaan banyak orang.

Tapi seperti dilansir Askmen, Jumat (19/11), ada beberapa cara pencegahan kanker prostat yang tetap mengasyikkan, antara lain:

1. Makan saus tomat marinara

Bahan utama dari saus marinara adalah tomat yang merupakan sumber dari lycopene, yaitu antioksidan kuat yang telah terbukti dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker prostat pada pria.

Tomat hanyalah salah satu dari beberapa makanan anti-kanker prostat yang diketahui. Tapi membuat kombinasi makanan kreatif dengan bahan saus marinara adalah cara yang menyenangkan untuk dapat mencegah kanker prostat.

2. Masturbasi

Banyak penelitian dalam beberapa tahun terakhir memang menunjukkan bahwa masturbasi dapat melindungi terhadap kanker prostat. Hal ini terutama bagi pria diatas usia 40 tahun.

Namun kunci dari tercegahnya kanker prostat itu bukanlah masturbasi itu sendiri, tapi pada proses ejakulasi. Ejakulasi memungkinkan keluarnya cairan sperma yang mungkin bersifat karsinogenik.

Jadi dengan ejakulasi baik dari hubungan seksual dengan pasangan atau pun masturbasi, tubuh bisa melakukan proses pembersihan dan pengeluaran zat-zat beracun melalui media sperma.

3. Menari yang energik

Bukan rahasia lagi bila latihan olahraga merupakan salah satu cara yang paling kuat untuk mencegah penyakit. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi, sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energi. Tapi tidak semua orang punya cukup motivasi untuk melakukan olahraga.

Maka salah satu cara untuk menggantikan gerakan olahraga adalah menari. Gerakan menari dapat menggabungkan olahraga dan gerakan yang menyenangkan.

4. Makan semangkuk sereal dengan susu kedelai di depan televisi

Gunakan waktu sarapan sebagai waktu makan yang sehat dan menyenangkan. Sarapanlah dengan sarapan sehat, sereal tinggi serat dan ganti susu sapi dengan susu kedelai. Kedelai mengandung bahan aktif yang dapat melawan kanker prostat.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…